Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Fitria Syawaliyah H

Lifehack Jajan Street Food Tanpa Logo Halal

Kuliner | Wednesday, 07 Dec 2022, 22:39 WIB

Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan melaksanakan seperangkat aturan yang telah ditetapkan dalam Islam termasuk dalam hal pemilihan makanan. Kita diwajibkan untuk menjaga assupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita agar halal dan thoyyib. Namun, terkadang kita tidak menyiapkan makanan sendiri, membeli makanan yang siap tersaji adalah hal yang seringkali kita lakukan. Biasanya kita akan memilih produk yang memiliki label halal di kemasannya atau restoran dengan sertifikasi halal. Dengan adanya fasilitas sertifikasi halal sangat membantu kita umat Muslim dalam memilah makanan.

Lalu bagaimana dengan jajanan di pinggir jalan?

Realitas saat ini masih banyak makanan yang dijajah di jalan atau biasa disebut juga dengan street food belum terverifikasi sertifikasi halal. Sementara aktifitas membeli makan atau sekedar jajan street food adalah hal yang sulit kita elakkan. Lalu bagaimana tips dan trik agar kita tetap bisa makan street food dengan tetap menjalankan syariat kita sebagai umat Muslim?

Okee disini aku bakal kasih tahu bagaimana life hack jajan street food. Tapii.. sebelum itu pastikan kamu sudah mengetahui konsep halal-haram dalam makanan.

Pertama, pastikan komposisi bahan makanan.

Kita harus mengetahui komposisi dalam menu tersebut. Apakah bahan utama atau bahan tambahan yang digunakan adalah bahan halal dan thoyyib? Mulai dari asalnya, pengelolahan, hingga penyajiannya.

Kedua, tidak menjual menu haram.

Walaupun menu pilihan kamu sudah dipastikan halal, maka cek kembali menu lainnya apakah ada salah satu menunya yang tidak halal? Karena hal ini akan berpengaruh pada fasilitas yang digunakan dalam pengelolahan atau penyajiannya.

Ketiga, periksa fasilitas yang digunakan.

Dalam mengelolah makanan pastinya menggunakan peralatan. Misalnya sebelum makanan diolah, biasanya akan disimpan terlebih dahulu. Pastikan tempat penyimpanan makanan tersebut tidak bercampur dengan bahan yang tidak halal.

Pada proses masak, wajan atau penggorengan yang digunakan tidak dipakai unuk memasak menu yang mengandung bahan tidak halal. Jika menu tersebut menggunakan kuas, maka pastikan kuas tersebut adalah kuas yang terbuat dari bahan halal.

Selain menganalisis secara mandiri berikutnya ialah bertanya pada penjual.

Bertanya kepada penjual bisa menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kehalalan makanan tersebut. Beberapa contoh pertanyaan yang dapat kamu lontarkan sebagai berikut :

1. Apakah proses masaknya menggunakan angciu, mirin, dsb?

2. Apakah di tempat ini menjual menu yang mengandung alcohol, babi, dsb?

3. Darimana bahan yang dibeli atau bisa dipastikan terverifikasi halal kah makanannya?

4. Katakan bahwa kamu tidak bisa memakan makanan dengan kandungan tersebut

Sebuah keuntungan tersendiri ketika kamu mengenal penjual, hal ini bisa menjadi keputusan kamu membeli atau tidak produk tersebut. Dengan mengenal baik penjual kamu bisa mengetahui apkah penjual memahami konsep halal-haram dalam Islam. Dan alangkah lebih baiknya, kita mengajak mereka untuk melakukan proses sertifikasi halal untuk dagangannya.

Demikian inilah beberapa life hack ketika kamu ingin belanja street food. Kehati-hatian kita dalam memilah makanan untuk menjalankan syariat yang telah ditetapkan insya Allah akan di catat oleh Allah SWT.

So, apa yang biasanya kamu lakukan ketika membeli makanan di pinggir jalan yang tidak ada atau belum bersertifikasi halal?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image