Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

349 Mahasiswa Unismuh Terima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar

Info Terkini | Wednesday, 07 Dec 2022, 16:31 WIB

MAKASSAR – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Drs Andi Lukman MSi menyerahkan buku rekening bagi penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Prosesi tersebut berlangsung di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Senin, 7 Desember 2022.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse mengungkapkan rasa syukurnya karena Unismuh Makassar tahun ini menerima beasiswa KIP yang lebih besar dari tahun lalu.

“Tahun 2021, Unismuh menerima 305 beasiswa KIP, tahun ini alhamdulillah menerima 349 beasiswa,” ungkap Ambo.

Ambo berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan beasiswanya dengan baik. “Bagi yang belum punya laptop, silakan dibelikan. Saya kira beasiswanya cukup,” ujarnya.

Ambo Asse juga memberi beberapa pesan khusus untuk penerima beasiswa KIP. Ia meminta agar mahasiswa tidak merokok, dan senantiasa menjaga kebersihan kampus.

“Alhamdulillah, majelis Dikti PP Muhammadiyah menetapkan Unismuh sebagai kampus Islami terbaik di Indonesia. Jadi tolong dijaga dan dipertahankan,” pungkas Ambo.

Ia juga mengungkapkan agar mahasiswa yang menerima beasiswa tidak ikut-ikutan dengan demo yang anarkis dan tawuran.

“Kita semua harus menjadikan kampus Unismuh sebagai taman yang menyenangkan. Tidak ada konflik, terikat persaudaraan, dan saling mengingatkan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Andi Lukman mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang dapat membatalkan beasiswa yaitu pertama, dokumen yang dimasukkan merupakan data palsu. Kedua, IPK yang dimiliki kurang dari 3.00. Ketiga, menikah selama masih kuliah.

Ditemui usai prosesi penyerahan beasiswa KIP, Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unismuh mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah tahun 2022 meningkat dari tahun lalu.

Ia juga menambahkan bahwa penerima beasiswa telah melalui proses seleksi.

“Pertama mahasiswa tersebut harus mendaftar terlebih dahulu secara online, lalu kemudian diseleksi. Kriterianya yaitu benar-benar tidak mampu dan IPK-nya bagus,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV Drs Mawardi Pewangi MPdI, beberapa staf LLDIKTI IX dan mahasiswa Unismuh Penerima Beasiswa.

Sebelum menerima beasiswa KIP tahun ini, pada tahun 2018 hingga 2022, sebanyak 22.046 mahasiswa Unismuh telah menerima beasiswa Kemdikbudristek dengan total anggaran Rp65,2 miliar.

Jumlah tersebut berasal dari berbagai kategori yaitu Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), bidikmisi, KIP Kuliah, Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan Beasiswa Difabel.

Selain dari pemerintahan, Unismuh juga menyiapkan beasiswa untuk mahasiswa yang dikenal Program Beasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar (BUMN) yang meliputi Mahasiswa Prestasi Akademik, Hafiz Al-quran, dan Bibit Unggul Persyarikatan.(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image