Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Penyebab Laptop Tidak Bisa Menyala dan Cara Mengatasinya

Teknologi | Wednesday, 07 Dec 2022, 11:26 WIB
A. Penyebab Laptop Tidak Bisa Menyala 
A. Penyebab Laptop Tidak Bisa Menyala

1. Baterai Laptop Rusak

Penyebab laptop tidak bisa menyala yang pertama yaitu karena baterai laptop rusak dan bermasalah. Baterai adalah sumber daya untuk menyalakan laptop. Jika laptop tidak menyala saat menggunakan baterai, cobalah sambungkan adaptor laptop untuk mengisa daya baterai. Kalau tetap tidak bisa menyala, lepaslah baterai dan coba menggunakan listrik.

2. Prosesor Bermasalah

Prosesor pada laptop berfungsi sebagai otak laptop. Sehingga saat proses sedang bermasalah dan mengalami kerusakan, maka laptop tidak dapat beroperasi dengan baik dan menyebabkan tidak menyala. Prosesor yang bermasalah ini sering kali disebabkan karena laptop terlalu panas, pasta prosesor mengering, dan ada beberapa bagian yang kotor.

3. Kerusakan Adaptor Laptop

Adaptor laptop adalah bagian laptop yang juga memiliki peran penting, untuk menyalakan dan mengisi daya pada laptop. Kerusakan adaptor laptop menyebabkan baterai laptop tidak dapat diisi dayanya. Saat mengalami kerusakan adaptor laptop, periksalah sambungan pada kabel dan cek menyala atau tidak. Kerusakan ini sering disebabkan karena terlalu lama mengisi daya laptop dan menyimpan adaptor dengan tidak baik.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala

Setiap orang pasti akan emosi, saat sedang menggunakan laptop, kemudian laptop mati secara tiba-tiba dan tidak bisa menyala. Apalagi jika belum melakukan penyimpanan data, sebelum laptop mati. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah melakukan pengecekan pada baterai.

Kalau laptop sudah terlalu sering digunakan, sangat wajar kalau mengalami kerusakan pada baterai. Gantilah baterai laptop jika baterai laptop sering bocor atau cepat habis. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada adaptor laptop. Karena adaptor berfungsi untuk pengisian daya latop.

Sahabat Fimela juga bisa melepas RAM, membersihkan perangkat keras pada laptop, atau mengganti monitor internal dengan eksternal. Kalau mengalami kebingungan dengan laptop tidak bisa menyala, sebaiknya segera hubungi tempat servis. Agar laptop tidak mengalami kerusakan lainnya.

Sumber: fimela.com

Baca Juga:
Mouse Trackball Nirkabel Logitech M570

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image