Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nurul adila

Kedatangan Wakil Presiden Maruf Amin ke Semarang untuk Membuka Peresmian Forum Halal 20

Ekonomi Syariah | Saturday, 03 Dec 2022, 02:07 WIB
 
 
NAMA TOKOH
 

Nurul Adila

Sumber : Halo semarang

Wakil presiden ( wapres) Ma’ruf Amin, pada hari kamis 17 November 2022 telah melakukan kunjungan ke ke Provinsi Jawa Tengah untuk meresmikan Pembukaan Forum Halal 20 (H20) di Semarang. yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 17-19 November 2022 ini merupakan bagian dari acara Presidensi G20.

Pukul 11.30 WIB, Wakil Presiden Ma'ruf Amin di dampingin ibu wurry beserta rombongan dengan menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan TNI AU Ahmad Yan. Semarang, Jawa Tengah.

Setibanya di Semarang, Ma'ruf Amin disambut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Tengah. Ma'ruf dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Hotel Padma di Candisar, tempat diselenggarakannya Forum H20.

Dalam acara tersebut, nota kesepahaman (MoU) dijadwalkan akan ditandatangani oleh BPJPH dengan Helal Accreditasyon Kurumu (HAK) dari Turki, Badan Pengawas Obat dan Makanan Saudi (SFDA) dan lembaga – lembaga nasional.

HAK dan SFDA adalah otoritas yang berwenang menerbitkan sertifikat halal, seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Pada pembukaan peresmian forum H20 yang merupakan bagian dari acara kepresidenan G20 yang akan berlangsung pada 17-19 November 2022, diikuti 279 peserta dari 44 negara.

Pada kunjungan kerja hari kedua, Jumat, 18 November 2022, Wapres akan melakukan asesmen UMKM di Sanggar Batik Semarang 16 yang berlokasi di Tembalang, Semarang.

Sebelum kembali ke Jakarta pada pukul 14.00 WIB, Wapres beserta rombongan dijadwalkan salat di Masjid Raya (MAJT) Jateng di Gayamsar, Semarang pada Jumat.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama (Kemenag) dan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin menekankan 3 poin penting. Pertama, H20 harus dioptimalkan untuk mendukung keberhasilan presidensi G20 Indonesia.

Kedua, Wapres menegaskan, kerja sama saling pengakuan dan saling keberterimaan sertifikat halal harus ditindaklanjuti dan diperluas. Menurutnya, dengan maraknya pemanfaatan teknologi digital seperti e-commerce, ruang usaha produk halal semakin terbuka dan berpotensi memperkuat kerja sama di pasar halal global.

Ketiga, Wapres menekankan kerja sama pengembangan jaminan produk halal antar negara untuk lebih diperluas lagi. Jaminan produk halal tidak hanya soal sertifikasi, tapi juga soal teknologi, staf atau personel dan infrastruktur.

Terakhir, wakil presiden menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan H20 dan bekerja sama dengan baik. Ia berharap forum ini menjadi sarana pertukaran informasi, sarana diskusi yang bermanfaat, serta menghasilkan berbagai kesepakatan, kolaborasi dan program konkrit serta implementasi jaminan halal antara negara-negara G20 dengan negara lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image