Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Beriman Kepada Hari Kebangkitan (Yaumul Bats)

Agama | Wednesday, 30 Nov 2022, 14:08 WIB
sumber gambar: freepik.com/bedneyimages

Sahabat, beriman terhadap adanya hari kebangkitan setelah kematian merupakan salah satu ciri orang yang beriman kepada Allah SWT. Ada banyak sekali ayat Al-Qur'an yang memberikan penjelasan tentang adanya kebangkitan setelah kematian, yang sekaligus sebagai sanggahan Allah kepada orang-orang kafir yang mengingkari adanya hari kebangkitan, salah satunya:

Artinya: "Lalu ditiuplah sangkakala, maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya. Mereka berkata, 'Celakalah kami! Siapa yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?' Inilah yang menjanjikan (Allah) Yang Maha Pengasih dan benar-benar rasul-rasul-Nya. Teriakan itu hanya sekali saja, maka seketika mereka semua berhadapan dengan Kami (untuk dihisab). Maka pada hari itu seseorang tidak akan merugi sedikit pun dan kamu tidak akan diberi balasan, kecuali sesuai dengan apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Yaasiiin [36]: 51-54)

Demikianlah, sesungguhnya Allah akan membangkitkan manusia setelah Dia mematikannya. Ya! Kelak, kita semua akan di bangkitkan oleh Allah SWT. Keadaan pada saat itu sungguh-sungguh sangat berat, di mana seorang bapak tidak bisa menolong anaknya, demikian pula sebaliknya. Pada hari itu, tidak ada sanak saudara, tidak ada kekerabatan, dan hubungan kekeluargaan, karena saat itu manusia sibuk memikirkan dirinya masing-masing perihal nasib yang akan mereka terima.

Abu Laits Al-Faqih pernah berkata, “Ketika manusia telah keluar dari kuburnya, maka mereka akan berdiam diri selama tujuh puluh tahun dalam keadaan Allah tidak memandang mereka. Mereka pun menangis karena sangat gelisah dan dicekam oleh ketakutan yang teramat sangat, sehingga habislah air mata mereka hingga darah mengalir dari tempat air mata tersebut. Kemudian mereka akan dipanggil untuk menuju Padang Mahsyar sebagai tempat perhimpunan, lalu para malaikat akan turun dari langit secara bergelombang."

'Aisyah ra pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: "Kelak pada hari akhir manusia akan dikumpulkan tanpa mengenakan alas kaki, tidak berpakaian, dan tidak disunat."

Maka 'Aisyah bertanya, "Apakah para lelaki dan wanita sebagian bisa memandang sebagian yang lainnya?"

Beliau bersabda:

"Urusan pada hari itu sangat berat sehingga mereka tidak memperhatikan hal itu. Sesungguhnya mata mereka terbuka, tapi mereka memandang ke arah langit."

Rasulullah saw melanjutkan:

"Pada saat itu, manusia berkeringat, sebagian di antara mereka keringatnya sampai mata kaki, sebagian lagi ada yang sampai betis, sebagian ada yang sampai ke lutut, sebagian lagi ada yang sampai ke pusar, sebagian lagi ada yang sampai ke dada, sebagian lagi ada yang sampai ke bahu, dan bahkan ada sebagian yang keringatnya sampai ke leher mereka." (HR. Ahmad)

Daftar Pustaka: Musyafa, Haidar. (2018). Hidup Sesudah Mati. Yogyakarta: Checklist

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image