Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rwj timweb

Belajar Nilai Kehidupan di Kampung Edukasi Watu Lumbung

Wisata | Wednesday, 30 Nov 2022, 11:42 WIB

Wisata Jogja - Kamu ingin liburan yang mengesankan dan berbeda dari yang lain? Kalau begitu kamu wajib mengunjungi wisata edukasi satu ini. Karena, selain menyuguhkan indahnya alam, kamu juga akan mendapatkan pengalaman edukasi yang unik. Dijamin, ini bukan liburan biasa mu.

Kampung Edukasi Watu Lumbung di sisi utara Pantai Parangtritis, tidak hanya menyuguhkan indahnya pemandangan pesisir selatan Kota Jogja dari ketinggian. Juga menampilkan edukasi unik dan sederhana. Wisata baru ini tersembunyi di antara barisan pohon jati di kawasan Bukit Watu Lumbung.

Penasarankan? Yuk baca ulasannya.

Lokasi

Lokasi kampung edukasi ini terletak di Bukit Watu Lumbung, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul.

Dari Kota Jogja, langsung saja menuju Jalan Parangtritis. Ikuti jalan utamanya hingga menyerangi Jembatan Sungai Opak yang cukup dekat dengan pintu retribusi masuk Pantai Parangtritis. Setelah melewati jembatan tersebut, belok kiri menuju jalan alternatif Parangtritis-Siluk. Sekitar 200 meter dari persimpangan, ada papan petunjuk kecil menuju Kampung Edukasi Watu Lumbung.

Jalan masuknya sebelum pertigaan jalan menuju Goa Jepang dan Goa Surocolo. Jalannya sudah beraspal, namun sempit dan menanjak. Hati-hati ya guys ..

Pengelola juga menyediakan area parkir yang luas untuk sepeda motor dan disediakan parkir mobil namun tidak terlalu luas.

Jam Buka

Buka setiap hari 8 pagi hingga 11 malam.

Tiket Masuk

Mau masuk wisata edukasi Watu Lumbung? Tenang saja, gratis kok. Silahkan datang, menyapa alam dan menghabiskan sore di spot favorit.

Keunikan : Belajar Nilai-nilai Kehidupan

Awalnya masyarakat sekitar diberdayakan untuk mengubah area hutan jati menjadi salah satu kawasan alternatif yang menyatu dengan alam. Masyarakat membangun bangunan dari bambu dan rumahrumah sederhana berdinding kayu. Uniknya bangunan tersebut berada di antara pohon-pohon jati yang tingginya menjulang ke angkasa. Pohon jati tersebut dimanfaatan sebagai tiang peyangga bangunan bambu. Di spot tersebut banyak pengunjung menghabiskan sorenya sambil menikmati panorama kawasan Pantai Parangtritis dari ketinggian.

Wisata baru yang berjarak 4 km dari Pantai Parangtriitis ini menyelipkan nilai edukasi yang unik dan asyik pastinya. Kamu bisa menemukan perpustakaan berisi buku-buku bacaan di tegah hutan jati. Uniknya adalah kamu bisa ikutan menanam pohon, membaca buku, melayani sesama pengunjung, memasak di dapur, inilah keunikan nilai-nilai edukasi yang ditampilkan. Kamu juga bisa menyumbangkan 3 buah buku layak baca dan kamu akan mendapatkan hadiah berupa makanan, minuman dan merchandise gratis. Wah menarik ya?

Kalau kamu ingin mengunjungi wisata ini, kami sarankan untuk datang di sore hari, lebih damai dan syahdu pastinya. Kamu bisa menghabiskan sore sambil menanti sunset yang indah bersama orang terkasih mu. Tenang saja, tersedia warung kuliner yang siap menyediakan sajian makanan terbaiknya buat mu. Seperti, Lembayung, Kedai Wedangan, Kedai Susu, Pusat Sate Kiloan, dan Alas Kuliner.

Terdapat gardu pandang yang menjadi spot favorit para anak muda. Kamu akan mendapati langit sore yang damai dan menenangkan perlahan merona dan menjadi gelap karena matahari akan tenggelam. Kamu juga bisa melihat pemandangan Kali Opak yng di atasnya melintang Jembatan Kretek.

Setiap hari Jum’at, kamu akan disuguhi oleh live music performance. Dijamin, akan membuat mu betah dan nggak mau pulang. Kamu juga bisa bermalam di sini. Sudah tersedia area kemah yang disewakan. Wisata edukasi ini juga menyediakan area bermain anak, area outbond, area flying fox, perpustakaan dan lain sebagainya.

Edukasinya Apa Guys?

Bicara soal Edukasi, ada beberapa poin yang bisa kita jadikan pelajaran dalam hidup kita. Kira-kira apa saja ya nilai-nilai edukasinya ?

ü Kesederhanaan

Kamu bakal bahagia kalau kamu hidup sederhana. Wisata edukasi Watu Lumbung ini mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan banyak bersukur. Bagaimana tidak? Hanya dengan bangunan bambu dan kayu saja, kita bisa melihat pemandangan yang sangat cantik, dan mensyukuri segala nikmat dan ciptaan-Nya. Pengalaman wisata seperti ini saja akan membuat mu bahagia meski berbalut kesederhanaan.

ü Mencintai Alam

Ngaku-ngaku pecinta alam? Beneran nggak nih? Kalau benar, kamu akan diminta untuk ikut menanam pohon yang telah disediakan pengelola. Kamu juga akan mendapatkan voucher senilai Rp 2.500 untuk memesan menu makanan di warung yang tersedia. Lumayan, gratis.

ü Rasa Peduli

Kamu peduli dengan pendidikan orang-orang pelosok negeri ini? Apa kontribusi mu untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka? Jangan-jangan belum melakukan apapun? Jangan omong doang ya guys. Kamu bisa membuktikannya di sini. Bawa tiga buah buku kesayanganmu dan donasikan di wisata edukasi Watu Lumbung ini. Tidak hanya amal baik saja yang kamu dapat, tapi kamu juga mendapat sajian makanan dan minuman gratis di sini. Nggak percaya? Coba saja!

ü Mandiri dan Saling Menghormati

Ini sih unik sekali, antara pengunjung dan pengurus atau pengelola wisata ini memiliki kedudukan yang sama. Bebas melakukan apa saja. Kamu bisa memasak, mencuci piring makan mu, dan juga kamu bisa ikut melayani pengunjung lainnya. Wah, beda dari yang lain ya? Pengalaman seperti ini nggak akan kamu temui dimana pun.

ü Jujur

Nilai terakhir yang diajarkan adalah kejujuran. Di wisata ini terdapat warung atau kantin kejujuran. Maksudnya gimana guys? Ada yang tahu? Jadi, kamu bebas memilih menu makanan yang kamu inginkan, membuatnya dan membayar sesuai dengan harga menu yang sudah tersedia tanpa melalui kasir. Kita lihat, seberapa tingkat kejujuran mu?

Unik ya wisata edukasi ini? Kamu ingin belajar tentang nilai-nilai kehidupan? Datang saja ke Kampung Edukasi Watu Lumbung ini. Dapatkan pengalaman wisata yang berbeda sambil memandangi alam yang membentang luas dan menunggu senja datang menutup hari.

Tunggu apalagi, yuk agendakan liburan mu ke Jogja dan bersama-sama belajar di Kampung Edukasi Watu Lumbung. Langsung saja hubungi Raskita selaku biro perjalanan wisata yang menawarkan Paket wisata murah dengan berbagai pilihan paket. Di antaranya Paket Wisata Jogja 1 hari, Paket Wisata Jogja 2 hari 1 malam, Paket Wisata Jogja 3 hari 2 malam, Paket Wisata Jogja 4 hari 3 malam, Paket Wisata Jogja 5 hari 4 malam, dan Paket Wisata Jogja honeymoon. Masing-masing Paket Wisata Jogja tersebut masih dibagi-bagi lagi ke dalam banyak tipe yang membuat kalian akan semakin memiliki banyak kesempatan untuk memilih sendiri destinasi wisata yang kalian inginkan.

Selamat berlibur ya guys .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image