Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image skyweb site

Dewi Tembi : Serunya Liburan Di Desa Wisata Terbaik Se-Asia

Wisata | Wednesday, 30 Nov 2022, 11:39 WIB

Desa wisata Jogja - Waktu liburan sudah hampir habis. Bagaimana dengan liburan mu di Jogja? Menyenangkan, bukan? Sebelum kembali beraktivitas, ada baiknya kamu menutup liburan kali ini dengan pengalaman yang berbeda.

Di Jogja ini banyak sekali desa wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Di setiap daerah di Jogja menawarkan wisata dengan suasana desa beserta kegiatan alam yang asyik, seru dan tak terlupakan. Di jami, liburan mu makin sempurna.

Pergilah ke daerah Bantul, di sana terdapat desa wisata yang memiliki homestay terbaik se-Asia, loh. Ada yang tahu nggak? Dewi (desa wisata) apakah itu? Jawabnya adalah Desa Wisata Tembi. For your information, Dewi Tembi ini merupakan pelopor dari trend desa wisata di Jogja. wah, keren sekali ya?

Sudah pernah mendengar tentang Dewi Tembi? Mau tahu lebih banyak tentang Dewi Tembi? Yuuk simak ulasannya berikut ini!

Ø Lokasi

Jalan Parangtritis km 8.5, Dusun Tembi, Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Jaraknya sekitar 9.2 km dari pusat Kota Jogja, dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 24 menit.

Dari Kota Jogja, langsung saja menuju Jalan Parangtritis melalui Jalan Brigjen Katamso. Ikuti jalan tersebut hingga 6.5 km. Kamu akan menemukan petunjuk jalan menuju Dewi Tembi. Belok kiri ke Jalan Tembi, sejauh 550 meter. Lalu, kamu akan sampai di Dewi Tembi di kiri jalan.

Ø Jam Buka dan Tiket Masuk

Desa wisata Tembi ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk bisa menikmati liburan seru di Dewi Tembi ini, kamu akan dikenakan biaya masuk yang sudah termasuk dengan paket wisata yang kamu pilih. Berikut, rincian paket wisata yang ada di Dewi Tembi.

Paket Kegiatan :

ü Membatik Kain Rp 30.000 per orang

ü Membatik Topeng Kayu Rp 50.000 per orang

ü Membuat Kerajinan Tempat Pensil Rp 25.000 per orang

ü Membuat Kerajinan Tempat Tisu Rp 50.000 per orang

ü Membuat Tembikar / Keramik Rp 20.000 per orang

ü Tatah Sungging Wayang Rp 50.000 per orang

ü Mewarnai Keramik Rp 20.000 per orang

Paket Kegiatan Kuliner :

ü Membuat Tempe Dele Rp 20.000 per orang

ü Membuat Sangon Rp 20.000 per orang

ü Membuat Ceriping Bonggol Pisang Rp 25.000 per orang

Paket Wisata :

ü Naik Andong keliling desa wisata Rp 150.000 per 2 jam (5 orang)

ü Naik Andong Keliling Tembi, Gabusan, Manding Rp 250.000 per 2 jam (5 orang, mengunjungi Pusat Kerajinan Kulit Manding, dan Aneka Kerajinan di Pasar Seni Gabusan)

ü Naik Andong dari Tembi menuju ke Kasongan Rp 300.000 per 2 jam (5 orang, mengunjungi Pusat Kerajinan Gerabah di Kasongan)

ü Naik Sepeda Onthel Rp 30.000 per 12 jam

ü Shopping di Art Shop Batik dan Kerajinan

Nah, buat kamu yang juga ingin menikmati serunya wahana outbond, akan dikenakan biaya lagi. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Mulai dari harga pelajar, hingga harga wisatawan lokal dan mancanegara.

Cerita Sejarah Di Balik Dewi Tembi

Di abad 16, terjadi permusuhan sengit di dalam kasultanan Pajang. Ki Ageng Pemanahan berhasil mengalahkan Arya Panangsang. Yah, kasian ya kalah. Nah, Si Arya ini lantas membuat alas mentaok yang diserahkan kepada Sultan Pajang melalui Ki Ageng Pemanahan tahun 1558. Lalu, alas tersebut diubah menjadi desa yang diberi nama Kotagede, tahun 1577. Karena si pemiliknya meninggal dunia di tahun 1584, desa tersebut menjadi desa tak bertuan.

Meskipun begitu desa tersebut malah makin eksis keberadaannya. Kenapa bisa begitu? Karena, selama 17 tahun, desa tersebut diambil alih oleh panembahan. Hal ini makin berlanjut dan desanya makin berkembang hingga berdirilah desa Tembi ini. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, nama Tembi ini diambil dari nama dewi bernama Tembi.

Uniknya lagi, di tahun 1994 ada seorang turis dari Australia yang terpesona dengan keindahan alam yang disuguhkan desa Tembi ini, yang juga berpadu dengan kebudayaan Jawa. Nah, dari sinilah, masyarakat desa Tembi mulai menyadari akan potensi wilayahnya. Berupa alam yang asri sehingga cocok untuk homestay, dan juga pusat edukasi kerajinan. Juga disediakan kolam renang yang terbuka untuk umum. Itulah yang menjadikan Dewi Tembi menjadi desa wisata terbaik.

Daya Tarik

Apa sih yang terbayang pertama kali ketika kamu mendengar kata desa wisata? Bayangannya, berupa sebuah desa yang khas dengan pemandangan alam yang asri, udaranya sejuk, tenang, tentram dan terdapat suguhan pemandangan hamparan persawahan yang hijau. Lebih dari itu, desa wisata merupakan konsep pedesaan dengan memadukan berbagai unsur tradisional, bangunan klasik, kegiatan alam, dan juga menawarkan edukasi tentang berbagai macam kebudayaan, kerajinan dan lainnya.

Tembi sendiri merupakan nama dusun, namun para wisatawan sudah terlanjur mengenalnya sebagai Desa Wisata Tembi. Dewi Tembi ini berada di atas lahan seluas 3000 m², dan terdiri dari beberapa ruang berupa pendopo, galeri dan perpustakaan. Liburan di Tembi ini, kamu bakal diajak untuk melihat pembuatan berbagai kerajinan khas Jogja. Nah, buat kamu yang suka hal-hal baru, bisa mencoba belajar membatik di Dewi Tembi.

Dikenal sebagai Rumah Budaya Tembi, menampilkan berbagai peralatan tradisional, seperti keris, senjata dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa belajar tentang berbagai adat istiadat yang berkembang di Jogja seperti langkah-langkah pernikahan adat Jogja, tradisi untuk kehamilan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihatnya melalui foto-foto yang dipamerkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Dewi Tembi ini menyediakan fasilitas berupa penginapan yang terdiri dari berbagai kelas. Mulai dari penginapan kelas wisatawan mancanegara, penginapan dengan pelayanan ekstra, dan juga penginapan dengan harga ekonomis. Sepertinya, menarik ya menginap di Dewi Tembi ini? Rasakan sensasinya bermalam di dewi ini! Kamu pun, bakal diberi kesempatan untuk menginap di rumah penduduk Desa Tembi. Nggak cuman itu, guys. Kamu bakal mendapatkan pengalaman menjadi penduduk dengan melakukan segala aktivitasnya sehari-hari ala orang pedesaan yang serba sederhana. Seperti ikutan reality show, “Jika Aku Menjadi”. Menarik, bukan?

Keseruan lainnya adalah kesempatan untuk terjun langsung di area persawahan penduduk untuk menanam dan memanen padi. Oiya, sudah tahu kan? Di Tembi bisa belajar membatik? Jangan khawatir, kamu bakal dibimbing oleh pembatik professional. Dijamin, kamu langsung bisa membatik dengan hasil yang cantik. Nggak percaya? Buktikan saja!

Oemah Tembi Homestay

Merupakan penginapan yang menawarkan suasana yang hangat ala keluarga dan juga menyuguhkan nuansa khas Jawa. Pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, karena terdapat fasilitas berupa kegiatan outbond asyik dengan berbagai wahana permainan menarik untuk dicoba. Penginapan ini bukan berbentuk bangunan seperti hotel yang mewah, dan megah, tapi sebuah rumah adat Joga dengan bentuk limasan dan juga kental dengan unsur budaya Jawa. terlihat dari bentuk rumah yang berasal dari kayu Jati berkualitas terbaik, furniture kamar berupa kursi kayu anyaman dan lainnya khas Jogja.

Tersedia beberapa tipe kamar unik yang siap buat kamu inapi. Apa sajakah itu?

ü Tembi Village Mangkuyuda Homestay

Harga kamar yang ditawarkan untuk tipe ini sekitar Rp 300.000 per malam. Dilengkapi dengan fasilitas berupa AC, kamar mandi water heater, breakfast, ruang tamu, TV LED.

ü Tembi Village Tejakusuma Homestay

Nah, untuk tipe kamar ini harga yang ditawarkan sekitar 750.000 per malam. Fasilitasnya sama dengan kamar Mangkuyudo.

ü Tembi Village Jogokaryo Homestay

Untuk yang kamar Jogokaryo ini per malamnya dibanderol dengan harga Rp 300.000. Fasilitasnya pun masih sama dengan kedua tipe kamar sebelumnya.

Menariknya lagi, Dewi Tembi juga menyediakan paket wisata kuliner tradisional seperti berwisata dengan berkeliling kawasan Gabusan – Manding – Tembi. Kira-kira pakai transportasi apa ya? Kamu akan diajak berkeliling dengan menggunakan moda transportasi berupa becak, andong atau kereta mini. Juga tesedia paket wisata bertani, dan juga menawarkan pengalaman unik memandikan kerbau.

Nah, itu dia ulasan tentang menariknya Dewi Tembi. Gimana? Tertarik untuk mengakhiri liburan mu di desa wisata ini? Siapkan diri mu untuk mendapatkan pengalaman baru selama liburan di desa Tembi ini. Tunggu apalagi? Yuuk langsung menuju desa wisata Tembi bersama keluarga mu. Dapatkan liburan yang seru, asyik dan menyenangkan di sana.

Buat kamu yang masih bingung, transpotasi apa yang bisa menjangkau lokasi Dewi Tembi? Kami sarankan untuk sewa mobil saja. Di Jogja ini banyak terdapat agen wisata yang menawarkan jasa sewa mobil murah. Keuntungannya, kamu tinggal duduk manis, diantar driver berpengalaman dan sampailah kamu di tujuan wisata yang kamu inginkan. Enak, kan?

Enjoy your holiday .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image