Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jogja Terkini

Kopimekers Expo 2022 Hadir di Galeria Mall Yogyakarta pada 1 Desember

Kabar | Monday, 28 Nov 2022, 17:02 WIB
Kopimekers Expo 2022 Hadir di Galeria Mall Yogyakarta pada 1 Desember (Mas We

YOGYAKARTA - Kopimekers lahir sebagai wadah untuk berdialog dan berdiskusi tentang berbagai isu dan topik yang menarik seperti pasar expor, prediksi ekonomi, desain produk, fotografi, fashion, kuliner, dan lain-lain bagi para pelaku usaha dan anggota yang tergabung dalam Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia yang dilakukan di tempat santai seperti resto, cafe, hotel, sambil menikmati secangkir kopi panas.

Dikatakan Ketua Koperasi Formekers Kriya Utama, Alex Kurniawan, Kopimekers Expo 2022 menjadi istilah adaptasi kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Formekers Indonesia dalam penyelenggaraan event pameran yang berisi produk unggulan anggota Formekers melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama.

"Kopimekers Expo 2022 ini adalah sebuah mandat yang diberikan kepada Formekers Indonesia oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama programnya SiBakul Jogja yang merupakan bentuk digitalisasi model pembinaan Sirkular Dinkop UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyelenggarakan pameran atau event yang mengandung visi dan misi Dinas Koperasi dan nilai-nilai yang dimiliki Formekers sebagai sekumpulan pengusaha yang berskala global," ujarnya, Senin (28/11/2022) ketika jumpa wartawan.

Sebagai sebuah mandat yang didalamnya mengandung pesan tertentu, pameran ini menjadi bukan sekedar pameran biasa melainkan pameran yang harus mampu mencerminkan sekaligus menyebarluaskan nilai-nilai yang dimiliki para pelaku terkait dengan harapan memberikan inspirasi dan motivasi kepada publik tentang bagaimana membangun sebuah bisnis mebel, kerajinan, dan seni yang berkelanjutan.

"Dengan demikian, sebagaimana dikatakan sebelumnya, Kopimekers Expo 2022 bukan sekedar pameran biasa, melainkan adalah sebuah edukasi yang dibalut dalam sebuah eksibisi bisnis," tambahnya.

Ketua Bidang Kreatif Formekers, Itock Van Diera menyebut, terdapat 4 nilai yang diusung dalam Kopimekers Expo 2022 yaitu, kerjasama coops, manajemen yang baik, persistensi dan inovasi bisnis, dan kolaborasi berkelanjutan.

"Lebih dari sekedar transaksi bisnis, pameran ini diharapkan akan semakin mendorong dan membangun semangat dan kapasitas, baik dari pelaku pameran itu sendiri maupun kepada publik secara lebih luas, terutama kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM)," katanya.

Kopimekers Expo 2022 adalah sebuah event kerjasama atau kolaborasi berbagai pihak yang saling mendukung agar atmosfir dan substansi pameran dapat tersampaikan dengan baik.

"Dikemas secara lebih populer (ringan, santai, gembira) tanpa kehilangan esensi dan keseriusannya," ucapnya.

Terdapat 4 kegiatan yang akan diselenggarakan dalam Kopimekers Expo 2022 yaitu, pameran produk unggulan anggota koperasi Formekers Kriya Utama (FKU) dan UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM DIY, talkshow bisnis, coaching clinic, dan hiburan.

"Keempat kegiatan ini akan tersaji selama 4 hari mulai dari tanggal 1 sampai dengan 4 Desember 2022 bertempat di Galeria Mall Yogyakarta, menjadi serangkaian kegiatan yang terjalin dalam satu benang merah yang selaras dengan tujuan Kopimekers Expo," jelasnya.

Total peserta pameran ini adalah 30 UKM yang terdiri dari kolaborasi pelaku usaha ekpor anggota koperasi Formekers Kriya Utama dan juga pelaku usaha UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM DIY.

"Kopimekers Expo 2022 berbeda dengan pameran lain yang sejenis karena pengunjung akan terbagi menjadi 2, yakni pengunjung umum dan tersegmentasi (segmented)," katanya.

Pengunjung umum adalah publik secara luas yang datang ke pameran dalam beragam motivasi. Adapun pengunjung yang tersegmentasi adalah pelaku UMKM atau calon wirausaha atau koperasi yang hadir dan dihadirkan dalam serangkaian kegiatan Kopimekers Expo 2022.

"Pelaku UMKM dan lainnya ini akan terlibat dan dilibatkan dalam acara edukatif, seperti talkshow dan coaching clinic. Dengan demikian, Kopimekers Expo 2022 ini akan dapat memberikan inspirasi, motivasi sekaligus pengembangan jejaring usaha dari para pelaku bisnis terkait," katanya.

Sementara, Ketua Forum Mebel Kerajinan Dan Seni (Formekers) Indonesia, Johni sahlan menjelaskan hadirnya Formekers memberikan para pelaku UMKM sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus berkembang dan menaikkan levelnya ke jenjang yang lebih tinggi melalui kegiatan Kopimekers Expo 2022. (mas)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image