Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santuso

Mengenal Tahapan Pencerdasan Akal yang Dibangun di Khoiru Ummah

Eduaksi | Saturday, 26 Nov 2022, 15:42 WIB
mengenal tahapan kecerdasan akal yang dibangun di KU

Ayah dan Bunda masih ingatkah dengan output STP Khoiru Ummah? Lalu proses belajar yang mencerdaskan akal seperti apa yang dilakukan oleh STP Khoiru Ummah agar output bisa tercapai? Yuk kita cari tahu!

Ayah dan Bunda, dalam proses pembelajarannya Khoiru Ummah menerapkan metode pembelajaran yang mampu mencerdaskan akal sekaligus mensholihkan jiwa anak. Dalam hal ini ilmu diajarkan oleh para Ustadz dan Ustadzah pada anak-anak untuk dipahami lalu diamalkannya. Materi pelajaran pun diajarkan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Ilmu yang diajarkan fokus hanya pada apa yang diperlukan sesuai dengan usia perkembangannya, sehingga mudah dipahami dan bisa diamalkan. Selanjutnya ilmu yang diajarkan dan dipelajari ini akan mempengaruhi perilaku anak.

Materi pembelajaran yang diajarkan di Khoiru Ummah berbasis pada realitas yang terindera oleh anak, sehingga pembelajaran berproses membangun dan meningkatkan kemampuan berfikir anak.

 

Adapun tahapan pencerdasan kemampuan berfikir anak di usia dini (TK) adalah dengan memberikan stimulasi untuk berfikir, kemudian di usia pra baligh (SD) mulai membentuk pola pikir dan pembiasaan berfikir yang benar. Dilanjutkan di usia baligh level 1 (SMP) dengan menguatkan cara berfikir yang benar dan membentuk cara berfikir solutif. Terakhir di usia baligh level 2 (SMA) dengan menguatkan cara berfikir solutif dan membentuk berfikir politis. Sehingga diharapkan lulusan SMA Khoiru Ummah akan mampu berperan secara langsung dan membawa kebaikan pada masyarakat dan negerinya.

Contoh aplikasi proses pencerdasan akal pada pelajaran matematika tingkat dasar yaitu, anak-anak belajar materi dasar bilangan dan hitungan konkrit sesuai dengan realita yang terindera di sekitarnya. Kemudian di level pendidikan lanjutannya anak-anak belajar konsep rumus hitungan. Contoh lainnya pada pelajaran geografi tingkat dasar yang dipelajari anak-anak adalah posisi di sekitarnya, rumahnya, lingkungannya, kota, desa, provinsi hingga negaranya. Sedangkan untuk tingkat lanjut anak-anak belajar materi lanjutan seputar negeri-negeri Muslim lengkap beserta potensi wilayah, cara pengurusan kebutuhan masyarakat dan lain sebagainya.

Tahapan berfikir yang dibangun di setiap jenjangnya bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kemampuan berfikir anak. Maasya Allah. Karena itu Ayah dan Bunda, jangan ragu untuk menyekolahkan anak-anak tercinta di Khoiru Ummah, dan bersama mencerdaskan generasi pemimpin masa depan.

STP KHOIRU UMMAH JEMBER

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image