Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Kualitas atau Sekedar Kejutan ?

Olahraga | Friday, 25 Nov 2022, 21:11 WIB

Tiga kekuatan sepak bola Asia yang menjadi langganan Piala Dunia menjadi batu sandungan bagi Jerman, Argentina serta Uruguay, di mana Arab Saudi dan Jepang mempecundangi Argentina berserta Jerman. Sedangkan Korea Selatan mampu menahan Uruguay tanpa gol. Ketiga negara tersebut membuka peluang untuk maju ke babak selanjutnya.

Pemain Arab Saudi meluapkan kegembiraan setelah mampu mecetak gol ke gawang Argentina (Foto :Republika.co.id/AP-Luca Bruno)

Jika menilik dari hasil yang diperoleh ketiga negara ini, setidaknya menunjukkan jika kekuatan sepak bola Asia tampak merata dan tidak kalah dengan negara-negara yang memiliki tradisi juara . Dan merujuk pada hasil penyisihan grup pada pertandingan pertama maka ketiga negara tersebut menunjukkan kualitass epak bola yang terbaik di kawasan Asia. Hal ini menunjukkan jika kekuatan sepak bola Asia kini tak bisa dipandang sebelah mata walaupun perjalanan masih jauh.

Memang terlalu dini kalau membicarakan jika tiga negara ini akan berbicara lebih jauh. Namun demikian, hal ini menggembarakan tetap kekuatan besar yang tidak akan mudah untuk untuk bisa menyisihkan mereka. Jika mereka konsisten dengan permainan yang ditunjukkan pada pertandingan pertama masing-masing grup bukan mustahil mereka akan maju ke babak selanjutnya.

 

Tentu saja dibanding dengan utusan dari benua Afrika, dan Concacaf ternyata Asia sudah menunjukkan hasil yang cukup membanggakan di babak penyisihan. Hal ini bisa menjadi sinyal bagi negara manapun yang berpartisipasi pada gelaran Piala Dunia tahun ini bahwa tiga kekuatan sepak bola Asia ini tak bisa dipandang sebelah mata oleh kontestan lainnya.

Hasil yang dicapai seperti itu membuat ketiga negara itu menjadi percaya diri dan sangat memotivasi jika di pertandingans elanjutnya bisa meraih kemenangan lagis ebab dengan satu kemenangan minus Korea Selatan maka dipastikan ada satu tempat yang bisa diraih minimal Jepang dan Arab Saudi. Sementara jika Korea mampu memenangkan pertandingan kedua di grupnya baru terbuka peluang dan akan ditentukan di

Benar tradisi sepak bola atau Piala Dunia belum berpihak kepada tiga kekuatan sepak bola Asia. Akantetapi ketiga negara tersebut bisa dibilang konsisten serta selalu menjadi kejutan dan batu sandungan tim-tim besar. Setidaknya akan sangat membanggakan jika salah satu diantara ketiga negara tersebut bisa masuk ke semifinal. Segalanya masih serba mungkin dan kita tunggu saja kiprah mereka. Kita berharapketiga negara tersebut bisa berbuat banyak di pertandingan berikutnya.

Para pengamat tentu akan menjagokan tim favorit dan itu memang realistis karena dilihat berdasarkan peringkat. Namun jika berbicara tentang kejutan dan faktor lucky kita pun tak bisa membantahnya dan itu perlu diperhatikan. Tetapi mesti ingat juga kekuatan sepak bola Asia kini semakin maju dan mulai diperhitungkaan. Guyuran bonus tentu saja akan membuat mereka semakin termotivasi dan akan main menggila sehingga akan membuat ciut lawan-lawannya yang mungkin tentu saja bisa dikalahkannya.

Kita tunggu kiprah ketiga negara Asia ini untuk menunjukkan kemampuannya yang disegani lawan dan bisa menjadi contoh bagi Indonesia dengan kemampuan yang ada dan rasa percaya diri yang tinggi, negara favorit juara dapat dikalahkan. Semoga kiprah mereka tak berhenti di babak penyisihan dan bisa berbuat banyak di pertandingan berikutnya. Selamat menyaksikan kiprah mereka di layar kaca.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image