Fakultas Kedokteran Uhamka Bantu Tanggulangi Bencana Alam Cianjur

Image
Sofa
Edukasi | Friday, 25 Nov 2022, 10:03 WIB
Dokumentasi Uhamka.

Tim Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FK Uhamka) yang terdiri dari dokter, perawat, dan tendik bergabung dengan tim universitas berangkat untuk melakukan pengabdian masyarakat untuk memberikan bantuan berupa sembako, beras, susu, serta perlengkapan bayi ke daerah bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat (25/11).

Gempa magnitudo 5,6 terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya memakan korban jiwa dan kerusakan bangunan secara masif. Upaya pertolongan dan pendataan kepada mereka yang terdampak masih terus dilakukan oleh pihak terkait. Pemerintah Kabupaten Cianjur mengeluarkan Surat Keputusan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur selama 30 hari dimulai tanggal 21 November 2022 hingga 20 Desember 2022 yang ditandatangani langsung oleh k1Bupati Cianjur Herman Suherman.

Terkait hal tersebut, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka merespon dengan cepat melalui edaran rektor tentang Bantuan Bencana Gempa Bumi Cianjur, hal ini sebagai bentuk kepedulian civitas Uhamka akan musibah gempa bumi di Cianjur.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa peristiwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 telah mengguncang Cianjur, Jawa Barat sehingga menyebabkan korban jiwa dan kerusakan bangunan di wilayah tersebut. Maka saya turut prihatin akan musibah ini, saya mengajak dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk dapat berdonasi berupa uang ataupun barang melalui Lazismu Uhamka," tutur Gunawan.

Gunawan menambahkan "selain membuka donasi, Uhamka turut serta mengirimkan dokter, tenaga kependidikan, serta mahasiswa fakultas kedokteran Uhamka menuju lokasi bencana dengan membawa perlengkapan obat-obatan."

Sementara itu, Wawang S. Sukarya selaku Dekan FK Uhamka menggerakan tim FK Uhamka yang terdiri dari dokter, perawat, dan tendik untuk ke lokasi bencana Cianjur tersebut.

“Setelah mengetahui bencana gempa bumi tersebut, kami semua langsung mempersiapkan segala sesuatunya untuk segera berangkat ke lokasi. Semua relawan dari FK Uhamka akan memberikan bantuan medis berupa pengobatan, edukasi, serta trauma konseling kepada korban,” tutur Wawang.

Sementara itu, hingga saat ini Uhamka melalui Lazismu Uhamka masih membuka donasi yang dapat dikirimkan melalui rekening BSI 707 6559494 atas nama Lazismu Uhamka serta dapat dikonfimrasi kepada Wahidin 081385950484

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

Pariwisata Religi Solo-Magetan, Akulturasi Budaya Islam-Jawa

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image