Mendalo Menjadi Pusat Kemacetan Setiap Waktu

Image
ARI 13
Pendidikan dan Literasi | Friday, 25 Nov 2022, 00:39 WIB
Kemacetan didepan Universitas Jambi

Kemacetan hampir setiap hari terjadi di kawasan Mendalo, Muaro Jambi. Kemacetan lalu lintas disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang melewati kawasan tersebut. Kemacetan disebabkan oleh beberapa titik, yang pertama di depan kampus UNJA, Simpang Mendalo, di depan Citra Raya City dan sekitarnya. Namun ada waktu-waktu tertentu seperti pagi, siang dan malam. Di pagi hari orang-orang pergi bekerja dan sekolah anak-anak, di sore hari sebagian mahasiswa meninggalkan kampus dan di siang hari menuju sore hari.

Salah satu tugas utama kota besar adalah menyelenggarakan sistem transportasi dengan pelayanan yang efisien dan efektif. Oleh karena itu, angkutan perkotaan merupakan sektor pendukung utama angkutan penumpang dan barang, yang merupakan bagian penting dari kegiatan ekonomi dan pembangunan perkotaan. Namun seiring dengan pertumbuhan penduduk di perkotaan akibat laju pertumbuhan yang relatif cepat dan urbanisasi yang cukup pesat, hal ini menyebabkan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang menunjang aktivitas masyarakat sehingga menyebabkan peningkatan angkutan pribadi.

Kemacetan lalu lintas adalah situasi atau kondisi tundaan lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Kemacetan umum terjadi di kota-kota besar, terutama di kota-kota yang tidak memiliki angkutan umum yang baik atau memadai, atau di mana terdapat ketidakseimbangan antara kebutuhan jalan dan kepadatan penduduk.

Sistem jalan mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai prasarana lalu lintas/transportasi orang dan barang, serta merupakan urat nadi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, dan stabilitas nasional, serta upaya menuju desentralisasi dan pemerataan pembangunan. Dalam dimensi yang lebih luas, sistem jalan memegang peranan penting dalam pembangunan wilayah baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota tergantung dari berfungsinya sistem jalan tersebut.

Arus lalu lintas dari Simpang Rimbo di Kota Jambi ke Mendalo di Kabupaten Muaro Jambi masih sering macet. Kemacetan semakin parah mulai nonstop dari pertigaan Rimbo hingga Unja Mendalo. Berdasarkan pantauan Wahananews Jambi.co, antrean kendaraan sore ini tampak panjang dan kemacetan disebabkan pergerakan kendaraan di pintu gerbang Universitas Jambi. Kemacetan panjang itu hanya satu arah menuju Unja dan berlangsung cukup lama. Kendaraan yang masuk dan keluar di Gerbang Unja harus menunggu antrean kendaraan mengingat di tahun ajaran baru ini saat kondisi pandemi mereda, aktivitas kampus mulai semarak.

Dishub Polda Jambi merencanakan rute untuk semua kendaraan pengangkut barang, mulai dari truk batu bara hingga kendaraan lainnya. Pengendalian arus lalu lintas ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan guna mengurangi kecelakaan pada simpang di Provinsi Jambi. Kombes Pol Dhafi, Dirjen Polda Jambi mengatakan, pengendalian arus lalu lintas dilakukan pada jam-jam sibuk bagi anak-anak bekerja dan sekolah.

Oleh karena itu, seluruh truk pengangkut barang dari arah Kota Jambi menuju Kabupaten Batanghari tidak diperbolehkan melewati Mendalo dan dialihkan melalui Tempino pada pagi dan sore hari mulai pukul 06:00 hingga 09:00 WIB dan pukul 15:00 hingga 18:00 WIB. . Begitu juga dari arah Kabupaten Batanghari menuju Kota Jambi, Mendalo tidak bisa dilalui mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB dan dikirim melalui Tempino.

Kemacetan disebabkan oleh beberapa titik, yang pertama di depan kampus UNJA, Simpang Mendalo, di depan Citra Raya City dan sekitarnya. Kemacetan lalu lintas tidak terjadi setiap saat. Namun ada waktu-waktu tertentu seperti pagi, siang dan malam. Di pagi hari orang pergi bekerja dan sekolah anak-anak, di sore hari beberapa siswa meninggalkan kampus dan di sore hari.

Dari berbagai penanggulangan yang dilakukan pemerintah setempat, kemacetan di daerah mendalo masih saja terjadi hingga saat ini. Pada saat ini kemacetan terjadi pada pagi hari saat para pelajar dari SD, SMP, SMA, Dan Mahasiswa yang berada dimendalo, dibarengi dengan mobil batu bara yang melintasi dengan muatan kosong. Hingga pada sore hari dimulai dari pukul 13.00 WIB, pada saat mahasiswa keluar dari kampus Universitas Jambi. Dibarengi dengan mobil batubara dan mobil tangki yang melewati wilayah mendalo.

Tindakan pemerintah yang telah dijelaskan di atas masih belum bisa mengatasi kemacetan diwilayah mendalo. Beberapa titik yang menyebabkan kemacetan masih saja sering terjadi hingga saat ini, yang sering menyebabkan keterlambatan bagi pelajar dan para pekerja, hingga sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang telah memakan korban jiwa dari pelajar sampai pekerja yang melintasi wilayah mendalo. Pemerintah daerah harus lebih memperhatikan kondisi lalu lintas daerah mendalo, banyaknya keluhan dari masyarakat yang resah dengan kondisi jalan di Mendalo saat ini. Kekhawatiran masyarakat pada kecelakaan yang masih marak terjadi saat ini.

Saran, pemerintah harus lebih cepat mencari solusi, karena penanganan kemacetan pada saat ini masih kurang efektif. Pemindahan jalur mobil batu bara, adanya pengangkutan melalui perairan, menggunakan jalur khusus mobil batu bara. Ha tersebut yang selalu disorakan masyarakat dan mahasiswa atas keresahan pada saat ini. Penertiban yang dilakukan haruslah lebih ketat kepada mobil batubara karena masih banyak mobil batubara yang melintas tidak sesuai dengan jadwal jalannya mobil batu bara. Sanksi yang diberikan haruslah lebih ketat agar mobil batu bara jera atas pelanggaran yang dilakukannya.

Oleh Ari Wahyono.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image