Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pamela Anisa Dewi

Menjangkau Banyak Pelanggan melalui WhatsApp Marketing, Efektif?

Bisnis | Thursday, 24 Nov 2022, 16:51 WIB

Perkembangan dunia digital yang begitu masif membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk menjangkau pelanggan. Dulu, Anda mungkin harus melakukan berbagai kegiatan offline untuk melakukan promosi yang menarik pelanggan, namun kini tidak lagi.

Ada berbagai platform yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan dengan mudah, seperti media sosial dan aplikasi chatting WhatsApp.

Terlebih, kini WhatsApp menyediakan berbagai fitur canggih pendukung marketing yang dapat digunakan para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Misalnya seperti broadcast atau blast WhatsApp, katalog, auto reply, chatbot, dan masih banyak lagi.

Namun, apakah fitur WhatsApp marketing benar efektif untuk menjangkau pelanggan?

Jawabannya efektif! Bagaimana bisa?

Ini karena WhatsApp blast dapat memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan massal ke banyak nomor sekaligus tanpa perlu menyimpan nomor pelanggan. Artinya, Anda dapat mengirim pesan awareness atau promosi secara mudah dan efektif ke pelanggan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot-repot membagikan selebaran yang berisikan pesan promosi atau informasi tentang bisnis Anda. Kini, hanya dengan satu klik, Anda dapat dengan mudahnya mengirim pesan ke ribuan nomor sekaligus dan menjangkau pelanggan target Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan fitur auto reply dan chatbot yang memungkinkan Anda untuk merespons pesan pelanggan secara otomatis, bahkan saat Anda atau perwakilan bisnis sedang tidak tersedia.

Bagaimana, sangat menarik bukan?

Namun, semua fitur canggih tersebut tidak bisa Anda dapatkan di akun WhatsApp atau WhatsApp bisnis biasa. Anda hanya dapat memperoleh fitur canggih WhatsApp marketing melalui akun WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah versi upgrade dari WhatsApp bisnis yang dilengkapi dengan teknologi API (Application Programming Interface) dan berbagai fitur canggih pendukung bisnis.

Sebagai informasi, Anda hanya bisa mendapatkan akun WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider (BSP) WhatsApp resmi di negara Anda saja. Pastikan Anda memilih penyedia WhatsApp yang resmi agar terhindar kemungkinan terblokir oleh pihak WhatsApp.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image