Menjangkau Banyak Pelanggan melalui WhatsApp Marketing, Efektif?

Image
Pamela Anisa Dewi
Bisnis | Thursday, 24 Nov 2022, 16:51 WIB

Perkembangan dunia digital yang begitu masif membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk menjangkau pelanggan. Dulu, Anda mungkin harus melakukan berbagai kegiatan offline untuk melakukan promosi yang menarik pelanggan, namun kini tidak lagi.

Ada berbagai platform yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan dengan mudah, seperti media sosial dan aplikasi chatting WhatsApp.

Terlebih, kini WhatsApp menyediakan berbagai fitur canggih pendukung marketing yang dapat digunakan para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Misalnya seperti broadcast atau blast WhatsApp, katalog, auto reply, chatbot, dan masih banyak lagi.

Namun, apakah fitur WhatsApp marketing benar efektif untuk menjangkau pelanggan?

Jawabannya efektif! Bagaimana bisa?

Ini karena WhatsApp blast dapat memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan massal ke banyak nomor sekaligus tanpa perlu menyimpan nomor pelanggan. Artinya, Anda dapat mengirim pesan awareness atau promosi secara mudah dan efektif ke pelanggan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot-repot membagikan selebaran yang berisikan pesan promosi atau informasi tentang bisnis Anda. Kini, hanya dengan satu klik, Anda dapat dengan mudahnya mengirim pesan ke ribuan nomor sekaligus dan menjangkau pelanggan target Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan fitur auto reply dan chatbot yang memungkinkan Anda untuk merespons pesan pelanggan secara otomatis, bahkan saat Anda atau perwakilan bisnis sedang tidak tersedia.

Bagaimana, sangat menarik bukan?

Namun, semua fitur canggih tersebut tidak bisa Anda dapatkan di akun WhatsApp atau WhatsApp bisnis biasa. Anda hanya dapat memperoleh fitur canggih WhatsApp marketing melalui akun WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah versi upgrade dari WhatsApp bisnis yang dilengkapi dengan teknologi API (Application Programming Interface) dan berbagai fitur canggih pendukung bisnis.

Sebagai informasi, Anda hanya bisa mendapatkan akun WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider (BSP) WhatsApp resmi di negara Anda saja. Pastikan Anda memilih penyedia WhatsApp yang resmi agar terhindar kemungkinan terblokir oleh pihak WhatsApp.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image