Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Muakhir

Hadirkan Ratusan Pelaku Bisnis Produk Halal, Lima Events Gelar Bandung Muslim LifeFair 2022

Bisnis | Thursday, 24 Nov 2022, 07:37 WIB
Bandung Muslim LifeFair siap digelar di BCC pada 9 - 11 Desember 2022 (Foto Ali)

Lima Events bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) yang mewadahi calon pebisnis dan pelaku bisnis produk halal akan gelar Bandung Muslim LifeFair pada 9 – 11 Desember 2022 di Bandung Convention Centre (BCC). Dengan mengusung tema #NgariungBareng, Bandung Muslim LifeFair akan menghadirkan ratusan pelaku bisnis produk halal dari Kota Bandung dan kota-kota lainnya.

Bandung Muslim LifeFair selain menjadi ajang pengenalan produk halal, transaksi langsung dari produsen ke konsumen, juga memperkuat pelaku bisnis produk halal yang saat ini semakin diperhitungkan.

Pada Bandung Muslim LifeFair kali ini Ratusan pelaku bisnis produk halal akan menampilkan berbagai kebutuhan produk seperti modest fashion, kosmetik halal, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, produk anak, properti syariah, wedding islami, multi product, hingga kuliner halal aman dan sehat (KHAS).

Bandung Muslim LifeFair semakin semarak dengan berbagai rangkaian acara menarik yang telah disiapkan seperti bincang santai, bedah buku, workshop parenting, public speaking class, kids activities (playground), family activities (tradisional games, estafet run), sharing kesehatan, fundrising, hingga outdoor activity (panahan).

Ketua KPMI Rachmat Surtanas Marpaung Memberi Sambutan (Foto Ali)

Kembangkan Potensi Industri Halal dan Syariah di Jawa Barat

Potensi industri halal dan syariah di Jawa Barat cukup besar, termasuk di Kota Bandung. Apa lagi, saat ini Jawa Barat menjadi provinsi dengan penduduk Muslim terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Jawa Barat yang beragama Islam pada bulan Juni tahun 2021 berjumlah 46,3 juta jiwa. Jumlah tersebut setara dengan 19,57% dari total penduduk Indonesia yang beragama Islam yang berjumlah 236,53 juta jiwa.

Pada sisi lain, upaya percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat terus dilakukan.Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilm, pada Januari 2022 lalu menerbitkan Pergub No.1 Tahun 2021 tentang Ekonomi dan Keuangan Syariah di Jawa Barat.

Pergub tersebut dibuat untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah melalui penguatan sektor UMKM halal dan keuangan syariah. Dengan potensi tersebut, Bandung Muslim LifeFair 2022 diharapkan mampu menarik perhatian 25.000 pengunjung.

“Selain menumbuhkan ekonomi daerah juga untuk mendorong pelaku UMKM produk halal supaya mampu bersaing secara global,” tambah Ketua KPMI Rachmat Surtanas Marpaung.

Muslim LifeFair penutup tahun ini diadakan di Bandung karena market Muslim di Kota Bandung cukup besar. Semangat pelaku UMKM produk halal pun antusias. “Dari 230 exhibitor, didominasi dari Bandung,” kata Direktur PT Lima Events, Deddy Andu, selaku penyelenggara pameran.

Deddy Andu Menggambarkan Road Maps Bandung Muslim LifeFair 2022 (Foto Ali)

Andu berharap, Bandung Muslim LifeFair bisa menjadi salah satu stimulan bagi berkembangnya UMKM produk halal dan syariah di Bandung. Event ini juga memberikan kesempatan bagi peserta dari luar Bandung untuk memperluas jaringan dan mendapatkan pasar baru.

Event pamungkas diadakan di Bandung karena selain selama ini Bandung dikenal sebagai kota kreatif, kulinernya beragam, juga jadi salah satu Kota Wisata pilihan. “Bandung Muslim LifeFair bisa jadi destinasi mengisi quality time bersama keluarga, rekan serta kerabat," pungkas Andu.

Anggota KPMI Korwil Bandung saat ini banyak yang menembus pasar nasional dan international, terutama untuk produk modest fashion, processed food and beverages juga komoditi pertanian seperti kopi, berbagai produk hortikultura, dan sebagainya.

KPMI sendiri sebagai wadah bagi calon pengusaha dan pengusaha produk halal, terus memberikan pembinaan kepada para anggotanya melalui berbagai program. Mulai dari program edukasi, coaching, pelatihan, dan pendampingan ekspor.

KPMI secara rutin menyelenggarakan business matching dan misi dagang mempertemukan anggota KPMI dengan pengusaha-pengusaha lain baik dari dalam maupun luar negeri.

Bagi calon pengusaha atau pengusaha produk halal yang tertarik bergabung bisa mengakses websitenya dan daftar sebagai member dengan gratis. Jika masih bingung, bisa akses akun media sosialnya atau berkunjug di Bandung Muslim LifeFair pada 9-11 Desember 2022 di Bandung Convention Centre (BCC). Tiket bisa diakses melalui aplikasi Muslim LifeShop yang bisa diunduh di googleplay.

Bandung Muslim LifeFair 2022 kali ini menjadi event pamungkas sekaligus sebagai penanda Road to Muslim LifeFest 2023. Sebelumnya, Muslim LifeFair sukses digelar di Yogyakarta pada bulan Juni dengan 21.000 pengunjung dan di Jakarta pada bulan Agustus dengan 42.500 pengunjung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image