Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image RISKA ANDINI

Kesemrawutan Jalan Di Jambi

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 23 Nov 2022, 19:31 WIB

Kemacetan akibat angkutan truk batu bara tak kunjung menghilang sehingga menyebabkan kesemrawutan jalan. kemacetan yang terjadi mengakibatkan kesulitan beraktivitas dimana terkadang pengendara mobil dan motor terpaksa melewati bahu jalan yang berkubang. Selain itu banyak mengakibatkan kecelakaan dikarenakan menyalip disela sela truk batu bara ataupun melewati arus yang berlawanan agar bisa berjalan.

Pemerintah kota Jambi sudah beberapa kali memberikan penanganan dengan adanya batu bara ini, salah satunya dengan mengatur jadwal operasional keberangkatan batu bara, membatasi jumlah truk batu bara yang melintas, dan juga telah menyiapkan pembangunan konstruksi jalan khusus angkutan batubara sepanjang lebih kurang 143 kilometer dari Kabupaten Sarolangun menuju Kabupaten Batanghari dan berakhir di Kabupaten Muaro Jambi. Meskipun jumlah truk batu bara telah dibatasi namun kemacetan akan tetap terjadi lagi. Karena banyak mobil batu bara yang mengalami permasalahan dijalan seperti mogok atau pun kehabisan minyak dan juga parkir dibahu jalan.

kemacetan yang terjadi beberapa waktu lalu di depan kampus UIN STS Jambi

Kecelakaan yang terjadi akibat batu bara memang sering terjadi. Salah satu contohnya yaitu telah menelan beberapa korban mahasiswa beberapa bulan lalu. Dan kabar lain juga menyebutkan seorang pasien yang telah meninggal dunia harus berjam jam menunggu untuk dikebumikan karena terjebak kemacetan ini. Selain itu kesemrawutan jalan juga terjadi akibat pembangunan drainase didepan kampus Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi atau UIN STS, Sungai Duren Muaro Jambi beberapa waktu lalu.Pembangunan jalan ini meliputi peninggian bahu jalan, pembuatan box culvert dan pengaspalan. Kawasan ini menjadi langganan banjir saat diguyur hujan deras lantaran posisi jalan yang rendah.

Dalam rangka penanggulangan banjir yang sering terjadi, Pada saat ini sudah mulai dilakukan pekerjaan berupa peninggian jalan. Tujuan dilaksanakannya peninggian jalan ini ialah untuk mengimbangi Dimensi dari pemasangan Box Curvert yang akan digunakan untuk jalur air dari ilir jalan ke hulu. Pembangunan jalan yang dilakukan ini menyebabkan kemacetan panjang dari simpang nes hingga depan Universitas Jambi sehingga menyebabkan para pengendara harus menunggu lama agar dapat sampai ke tempat tujuan.Tak hanya karena pembangunan yang dilakukan, kemacetan di daerah ini memang sering terjadi sebelumnya akibat batu bara. Alangkah baiknya tetap berhati hati dalam berkendara dan semoga permasalahan mengenai batu bara ini segera terselesaikan.

Ditulis Oleh : Riska Andini || Ilmu Hukum

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image