Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LAPAS PAGARALAM

Ikuti Sosialisasi Mitigasi Bencana, Bekal Pengetahuan Buat Lapas Pagar Alam

Info Terkini | Wednesday, 23 Nov 2022, 09:22 WIB
Ikuti Sosialisasi Mitigasi Bencana, Bekal Pengetahuan Buat Lapas Pagar Alam

Pagar Alam – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Pagar Alam Kanwil Kemenkumham Sumsel mengikuti Sosialisasi Mitigasi Bencana pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2022, Selasa (22/11).

Dilaksanakan di Hotel Aryaduta Palembang, Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni mulai tanggal 21 s.d 22 November 2022. Peserta kegiatan berjumlah 68 (enam puluh delapan) orang, terdiri dari Kepala Unit Pelaksana Teknis dan Pejabat yang menangani Bidang Pengamanan di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Membuka kegiatan, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Idris menyampaikan dalam proses penyelengaraan pemasyarakatan, ada banyak faktor yang dapat menjadi kendala teknis baik itu dari luar ataupun dalam, Faktor Internal maupun Faktor Eksternal. Salah satu faktor External yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemasyarakatan adalah bencana.

“Salah satu faktor External yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemasyarakatan adalah “Bencana” baik itu bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor ataupun bencana yang disebabkan oleh kesalahan/kelalaian manusia seperti kebakaran. Berkenaan dengan hal-hal tersebut, maka diperlukan adanya tindakan ataupun upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana tersebut”, kata Idris.

Lanjut Idris, selama ini, permasalahan yang ditemui dalam penanggulangan bencana di UPT Pemasyarakatan adalah belum adanya panduan maupun standard Operasional Prosedur (SOP) yang dapat menjadi acuan bagi pengelola UPT untuk melaksanakan penanggulangan bencana, mulai dari mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat bencana sampai pada rehabilitasi dan rekonstruksi untuk menuju UPT yang tangguh bencana.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto berharap melalui Sosialisasi Mitigasi Bencana ini dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan bagi UPT Pemasyarakatan dalam melakukan penanggulangan bencana dan menjadikan setiap UPT Pemasyarakatan menjadi UPT yang Tangguh Bencana.

Kalapas Pagar Alam, Jalaluddin didampingi Kasubsi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Marseli mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut. Kalapas Pagar Alam, Jalaluddin mengatakan kegiatan ini merupakan suatu hal yang baik dan penting untuk diikuti. Peran petugas pemasyarakatan berperan penting dalam Mitigasi Bencana pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan masing-masing.

Kasubsi Kamtib Mengikuti Sosialisasi Mitigasi Bencana

#Kemenkumham

#KemenkumhamSumsel

#LapasPagarAlam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image