Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNNES GIAT 3 Desa Kramat

Sosialisasi Tindak Lanjut Studi Tiru Program Merdeka Sampah

Gaya Hidup | Monday, 21 Nov 2022, 22:24 WIB

Tegal, Kamis 17 November 2022 PUKUL 10.00 WIB bertempat wilayah Desa Kramat Kabupaten Tegal telah dilaksanakan sosialisasi pelaksanaan studi tiru yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Juli 2022 di TPST Rempoah Desa Rempoah Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas.

Hadir dalam kegiatan ini, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Kecamatn Kramat , Kepala Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) wilayah Kramat, Lurah dan jajarannya serta Kader-Kader Desa.

Dalam sambutannya, Kepala BUMDES menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pembuangan sampah yang sembarangan bukanlah hal yang mudah. BUMDES mengajak para tokoh formal untuk mengedukasi masyarakat untuk sadar tentang bahaya limbah di lingkungan akibat pembuangan sampah sembarangan. Di sisi lain, sampah tersebut, dapat dikelola dipilih dan dipilah mana yang masih bisa dimanfaatkan / didaur ulang. Sesuai dengan kesepakatan dan tujuan studi tiru , terkait dengan materi mulai dari penanganan sampah dan pengelolaannya, serta pendampingan terhadap program merdeka sampah diharapkan untuk segera di implementasikan kepada masyarakat melalui sosialisasi sehingga hasil dari studi tiru bisa dirasakan manfaatnya. Desa Kramat diharapkan segera menindak lanjuti Studi Tiru.

BUMDES juga sudah memiliki program pengelolaan sampah dengan budidaya maggot dengan cara memilah limbah organik dan anorganik yang mana limbah organik tersebut diberikan kepada maggot.

Dalam pertemuan tersebut BUMDES menjelaskan bahwa budidaya pengelolahan sampah menggunakan maggot sudah di lakukan 1 bulan, dari membeli benih maggot 5 gram sekarang setiap panen menjadi 20 Kg maggot. Budidaya maggot ini di tempatkan di samping rumah Bapak Lurah..

Acara berjalan lancar dan selesai pukul 12.00 WIB.

 

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image