Hp Kamu Boros? Yuk Simak 10 Tips Agar Baterai HP Awet

Image
tori tarkam
Teknologi | Monday, 21 Nov 2022, 10:23 WIB

Kamu pasti setuju bahwa saat ini HP atau smartphone merupakan keperluan yang tidak dapat dipisahkan dari rakyat modern. Karena, karena pertumbuhan zaman saat ini hampir seluruh kesibukan membutuhkan perangkat elektronik untuk menunjangnya. Namun bagaimana Ketika hp kamu mulai terasa lambat? Oleh sebab itu kami akan membahas tentang cara dan Tips Agar Baterai HP Awet.

Perlu kamu ketahui, bahwa baterai hp merupakan amunisi yang penting untuk membuat layer hp tetap berfungsi dalam waktu tertentu. Lebih-lebih saat ini ada banyak perusahaan yang menjual HP dengan kapasitas baterai yang cukup besar, karena dapat menarik minat beli konsumen. Itulah mengapa baterai ini memiliki esensi yang penting dalam sebuah Hp.

Tetapi, walaupun kapasitas baterai besar, dengan penggunaannya yang sembarangan. Maka hal ini akan cepat menguras daya baterai HP dan membuat baterai cepat rusak. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara dan Tips Agar Baterai HP Awet yang bisa kamu simak pada artikel ini.

Hp Lambat? Yuk Simak 10 Tips Agar Baterai HP Awet

Kami sudah merangkum 10 Tips Agar Baterai HP Awet yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Penasaran dengan tips dan langkahnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan Menggunakan HP Ketika Tengah Mengisi Daya

Jika ingin mempertahankan agar baterai HP awet dan tidak mudah rusak, maka Kamu tidak boleh menggunakan HP ketika tengah mengisi dayanya. Karena jika Kamu menggunakan HP ketika tengah mengisi daya, maka akan mengikis usia baterai.

Oleh karena itulah, jangan gunakan HP ketika sedang melakukan charging. Sebaiknya tutup seluruh aplikasi yang aktif di HP guna memaksimalkan proses pengisian daya baterai dan juga tidak menimbulkan efek buruk pada baterai Hp.

jika perlu, kamu bisa isi daya baterai HP ketika HP didalam keadaan mati, tujuannya agar daya baterai tidak kembali tersedot ketika dalam proses charging. Selain itu, usahakan untuk langsung mencabut ponsel dari colokan kabel charger ketika daya baterai sudah penuh.

Agar lebih awet dan tahan lama, Kamu bisa mengisi kembali daya baterai ketika indikator udah menunjukan angka 20% sampai 80% untuk memperpanjang masa hidup baterai Hp.

2. Menggunakan Charger Original

Tips Agar Baterai HP Awet yang kedua adalah dengan menggunakan charger yang original bawaan dari paket pembelian hp kamu. Mengapa demikian? Perlu kamu ketahui bahwa setiap type HP dan juga baterai biasanya mampu menerima tegangan listrik yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu charge bawaan ponsel sudah menyesuaikan dengan HP aslinya. Oleh sebab itu banyak perusahaan yang memberi charger dengan tegangan yang sudah disesuaikan khusus untuk hp kamu. Apabila terlalu sering menggunakan kepala charger yang tidak disesuaikan atau apalagi Kw, maka baterai HP pun akan lebih cepat rusak atau sampai menggembung.

Jika sudah begini, maka Kamu harus membeli baterai HP baru dengan jenis yang sama agar tidak merusak komponen HP yang lainnya.

3. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya agar baterai HP tetap awet. Mode hemat daya ini umumnya dapat ditemukan pada segala jenis dan model Hp. Ketika diaktifkan, kegiatan pada platform operasi HP akan dibatasi, supaya konsumsi daya baterai pun jadi semakin kecil.

Sebagai contoh, mode hemat daya akan menghentikan beberapa aplikasi yang dapat aktif pada platform latar belakang Hp, turunkan kecerahan layar sampai mematikan koneksi internet ketika tidak digunakan.

Fitur satu ini bisa sangat bermanfaat ketika baterai HP sudah terkuras dan Kamu tengah berada di luar ruangan yang tidak amat memungkinkan untuk langsung mengisi daya baterai pada Hp kamu. Jadi, agar HP tidak mati, maka Kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya.

4. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Seperti halnya Hp, HP saat ini sudah memiliki teknologi yang cukup canggih dan juga sudah bisa mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus pada satu waktu. Kamu bisa menjelajah internet sambil mendengarkan musik dan jalankan hal lainnya hanya dari satu perangkat saja.

Akan tetapi, Kamu perlu mengerti bahwa semakin banyak aplikasi yang ada pada HP dan digunakan secara bersamaan, maka semakin besar pula daya yang digunakan. Akibatnya CPU ponsel yang bekerja semakin keras pasti akan memakan daya baterai yang lebih banyak.

Hal ini juga dapat terjadi ketika HP memiliki banyak aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan. Oleh karena itu, walaupun tidak aktif digunakan. Aplikasi itu tetap bisa menyerap daya baterai dan membuat baterai HP menjadi boros.

5. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar dengan Rendah

Tahukah Kamu bahwa daya baterai HP banyak terkuras karena tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi. Apabila melihat dari informasi pemanfaatan baterai yang ada pada pengaturan Hp, tingkat kecerahan layar biasanya berada pada tingkat paling tinggi dari komponen yang paling banyak menyedot daya baterai.

Oleh karena itulah, agar baterai HP menjadi lebih awet, biasakan untuk selalu kurangi tingkat kecerahan pada layar HP Kamu. Kamu bisa memanfaatkan fitur auto brightness agar HP mengatur tingkat kecerahan layar dengan otomatis bergantung pada lingkungan tempat kamu berada saat ini.

Dengan begitu fitur auto ini, maka baterai HP pun bisa menjadi lebih hemat. Selain mengatur tingkat kecerahan layar, Kamu juga bisa mematikan layar dengan cara menguncinya agar baterai HP tidak mudah habis. Agar praktis, Kamu bisa mengatur layar terkunci secara otomatis ketika tidak digunakan selama 15 atau 30 detik.

6. Hindari untuk Melakukan Charge Hp Semalaman (Berakibat Pada Baterai Menggembung)

Apakah Kamu memiliki kebiasaan mengisi daya baterai selama semalaman sampai pagi hari? Jika Kamu memiliki kebiasaan ini, maka Kamu harus menghindarinya sekarang. Walaupun tindakan ini terdengar praktis, karena HP bisa digunakan keesokan harinya dengan daya yang penuh, tetapi kebiasaan ini akan membuat usia baterai HP jadi memendek dan cepat rusak.

Walaupun saat ini kebanyakan HP udah memiliki fitur otomatis untuk menghentikan daya ketika baterai terisi penuh, tetapi kebiasaan ini tetap saja berisiko akan membuat baterai HP tidak awet. Jadi hindari men charger semalaman ya.

7. Kurangi Pemakaian Layar Background Bergerak atau Interaktif

Background bergerak atau interaktif memang lucu. Akan tetapi background bergerak atau yang akrab kita sebut animasi ini ternyata tidak baik. Hal ini bisa membuat daya baterai HP cepat habis, karena background animasi sama seperti menonton video animasi pada HP Kamu. Oleh karena itu, jika ingin daya baterai tahan lebih lama dan awet, maka sebaiknya ganti pemakaian background bergerak dan menggantinya menjadi wallpaper biasa.

8. Menonaktifkan Mode Getar

Tips Agar Baterai HP Awet yang nomor 8 adalah dengan menonaktifka mode getar yang ada dalam hp kamu. Fitur satu ini memang banyak digunakan oleh para pengguna HP karena dapat menjadi tanda bahwa ada pesan, panggilan telpon ataupun notifikasi lainnya.

Mode getar yang memiliki kelebihan tidak berisik dan mengganggu memang banyak di sukai di bandingkan dengan mode normal. Akan tetapi, getaran maupun vibrasi dari mode getar justru mengonsumsi banyak daya baterai. Karena vibrasi itu berasal dari motor yang banyak mengambil daya baterai Hp. Jadi jika ingin daya baterai tahan lebih lama, Kamu bisa mengaktifkan mode silent dan menonaktifkan mode getar.

9. Mematikan Fitur Smart Stay

Apakah ponsel Kamu memiliki fitur smart stay seperti always on display? Fitur satu ini akan membuat smartphone tetap menyala, walaupun tidak digunakan. Oleh karena itu, fitur satu ini akan menguras banyak daya baterai. Jadi, jika Kamu ingin membuat daya baterai lebih awet, maka Kamu perlu mematikan fitur smart stay pada ponsel Kamu.

10. Menggunakan Background Gelap

Banyak dari kita yang berusia muda terutama yang menggunakan smartphone pada umumnya lebih menyukai mode gelap di hp mereka. Background gelap pada umumnya tidak akan membuat mata kitacepat Lelah saat menatap layar hp lama-lama. Dan selain itu, layar hp yang gelap juga bisa membuat baterai hp kita menjadi semakin awet lagi.

Hal ini karena background smartphone berhubungan dengan panel Amoled, layar AMOLED umumnya sangat lemah pada warna cerah seperti putih atau warna terang lain, supaya jika background ponsel Kamu berwarna cerah baterai pun akan terkena dampaknya.

Selain background gelap, tips lain untuk menghemat baterai HP adalah dengan menggunakan dark mode atau tema gelap pada ponsel.

Saat ini, hampir seluruh versi HP sudah dilengkapi dengan tampilan tema grayscale atau lebih-lebih dark mode. Mode dark ini berfaedah untuk kurangi tingkat kecerahan ketika menggunakan ponsel, selain itu dark mode juga akan membuat daya baterai lebih hemat dan awet.

Nah gimana dengan 10 Tips Agar Baterai HP Awet yang ada di atas? Apakah baterai hp kamu sudah lumayan awet? Jangan lupa share ke teman-teman kamu ya, agar dia bisa mengetahui tips Agar Baterai HP Awet dan memperpanjang umur baterai hp nya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah penulis yang banyak menulis di beberapa blog pendidikan dan edukasi publik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image