Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Hikmah:Kedengkian Si Amr bin Hisyam

Agama | 2022-11-17 09:03:27
Dok. Pixabay

MUTIARA FAJAR/HIKMAH SANG GURU

*Kisah Kedengkian 'Amr ibn Hisyam*

Dikisahkan kembali oleh DR. Ust. Hamdani Khalifah. Mudir pesantren Misbahul Ulum Aceh.

Waktu duduk di kelas 5 Ibtidaiyah, guruku bercerita, begini :

Suatu hari, 'Amr ibn Hisyam, ingin mencelakakan Rasulullah ﷺ dengan lubang jebakan. Konon kedalamannya mencapai hampir 2 m. Lubang jebakan itu dibuat di depan pintu rumahnya sendiri, lalu di atasnya ditutupi rumput dan tanah.

Si 'Amr kemudian tidur di ranjangnya dan berpura-pura sakit keras.

Meski pun 'Amr sangat membenci Rasulullah ﷺ, namun Rasulullah ﷺ ingin menjenguknya, ketika itu sudah larut malam, maklum tak ada lampu penerang di depan rumah 'Amr. Ketika langkah Rasulullah ﷺ telah dekat sekali dengan lubang jebakan itu, Beliau mendapat bisikan dari Malaikat Jibril bahwa ada lubang jebakan di depan pintu rumah si 'Amr, yang hampir saja diinjaknya.

Malaikat Jibril melarang Rasulullah ﷺ untuk menjenguknya karena si 'Amr sebenarya tidak sakit. Karena Rasulullah ﷺ tidak jadi ke rumahnya, 'Amr segera melompat dari tempat tidur mengejar Rasulullah ﷺ.

Hai Muhammad kemari! serunya.

'Amr tidak sadar lagi bahwa di depan pintu rumahnya ada jebakan.

Karena tergesa-gesa, 'Amr lupa dan tidak melihat jebakan itu dan akhirnya tercebur jatuh ke dalam lubang dia sendiri. (من حفر حفرة وقع فيها)

Teman² 'Amr menolongnya dengan tali yang diulurkan ke dalam lubang.

Namun anehnya, biar pun tali itu sudah disambung-sambung, namun tetap saja tidak dapat diraih oleh 'Amr yang semakin terperosok ke dalam lubang.

Akhirnya, Rasulullah ﷺ datang menolongnya dengan hanya cukup mengulurkan sebelah tangannya saja. 'Amr pun bisa keluar dari lubang jebakan itu dengan selamat. *

Ambil hikmahnya dalam membina pertemanan

'Amr ibn Hisyam digelar dengan nama Abu Jahal, salah satu musuh bebuyutan Rasul, keras dan bengis.

???????????????? Selamat berpuasa Kamis bagi yg selalu puasa Sunnah.

PMMU,pesantren modern misbahul ulum.lhokseumawe.aceh. 17/11/22.

22 R.Akhir 1444

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image