Cara Menerapkan Kebiasaan Makan Sayur untuk Si Kecil

Image
Priana Putra
Gaya Hidup | Friday, 10 Dec 2021, 09:49 WIB
Sayuran sehat untuk anak. Sumber: Republika.co.id/Flickr

Pola hidup sehat, terutama dalam hal asupan makanan, memang harus dibiasakan sejak dini. Pasalnya, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan dan juga imun tubuh yang diperlukan untuk menunjang produktivitas sehari-hari.

Namun, membiasakan makan sehat merupakan suatu tantangan bagi sebagian orang tua, terutama saat membuat anak untuk suka makan sayur. Jika disiasati dengan cara yang tepat, anak akan suka dengan makanan olahan sayur yang menyehatkan.

Berikut tips menerapkan kebiasaan makan sayur untuk anak ala MamangSayur:

Membuat jus sayur dengan tambahan buah

Dengan membuat sayur menjadi jus, sayur akan semakin mudah untuk diterima. Berbagai pilihan sayuran yang dapat dijadikan jus, yaitu brokoli, bit, wortel, seledri, bayam, dan kale. Agar semakin nikmat, kamu dapat mengombinasikan sayur dengan buah yang kaya akan protein atau yoghurt. Campurkan dengan buah yang memiliki rasa manis agar rasa pahit dari sayur tidak begitu terasa. Salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan brokoli.

Memberi reward untuk anak yang memakan sayur

Tidak kalah penting, berikan apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah setiap kali anak sudah mengonsumsi atau menghabiskan sayur. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat untuk makan sayur kedepannya. Kamu juga bisa sesekali memberikan anak hadiah agar lebih termotivasi lagi. Dari situlah, mereka akan terbiasa makan sayur secara perlahan sejak dini, bahkan bisa menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya. Perlu diingat, jangan berikan makanan tidak sehat sebagai bentuk apresiasi untuk anak.

Mengkreasikan sayur semenarik mungkin

Banyak orang mengkreasikan sayur agar dapat menambah ketertarikan anak untuk memakan sayur. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan sayuran dalam bentuk dan penataan yang unik, seperti membuat sayuran menjadi puding, membuat bentuk hewan di atas nasi menggunakan potongan sayuran, serta memotong sayur dengan cetakan khusus agar membentuk pola yang lucu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan daging di menu capcay atau menambahkan saus keju pada sayur. Selain menambah rasa penasaran dan selera anak untuk mencicipinya, langkah ini juga dapat meningkatkan kreativitas si kecil ‘lho!

Ganti variasi sayur tiap hari

Supaya anak tidak bosan dan semakin mengenal beragam jenis sayur, ganti pilihan sayur setiap harinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa penasaran anak pada sayuran yang mereka konsumsi. Dengan memberikan sayuran yang beragam, kita dapat mengetahui variasi sayur mana yang mereka sukai. Kini, belanja sayur lebih mudah di MamangSayur dengan persediaan sayuran segar yang beragam, sehingga kamu bisa memberikan menu sayur berbeda untuk si kecil tiap harinya.

Itulah empat tips menerapkan kebiasaan makan sayur pada anak ala MamangSayur. Perlu diperhatikan, kualitas sayuran yang baik adalah salah satu kunci utama dalam menerapkan empat tips tersebut.

Sumber: MamangSayur (press release)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Elmo Rogam dan 'Cara yang Tepat'

Lirik Lagu 'Cara yang Tepat' oleh Elmo Rogam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Narkotika Borong 2 Perak Di Kejuaraan Menembak

Image

Mengetahui Harga Jasa Penulis Artikel untuk Membantu Blog atau Laman Web Kamu

Image

Pakai YTMP3 CC Download Lagu dari YouTube ke Play Musik Converter

Image

Download Video YouTube Jadi MP3 di HP dengan Link Y2Mate Berikut

Image

Kantor Imigrasi Wonosobo Ikuti Fun Game Basketball

Image

iGram : Download Semua Foto dan Video di Instagram Story, Sorotan, Hingga Reels

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image