Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

4 Hal yang Wajib Dipelajari Muslim dan Muslimah

Agama | Monday, 14 Nov 2022, 12:09 WIB
sumber gambar: freepik.com

Seorang muslim dan muslimah hendaknya menjalani hari-hari dengan bekal terbaik. Lalu, bekal apa yang seharusnya dipelajari dan diamalkan untuk kehidupan dan kebaikannya? Yuk, cari tahu!

Pertama, Ilmu. Seorang muslim hendaknya membekali diri dengan ilmu untuk lebih mengenal Allah, mengenal Nabi-Nya, dan mengenal Islam secara menyeluruh. Karena tidak boleh seorang muslim beribadah kepada Allah Ta'ala tanpa dasar ilmu. Bagi yang beribadah tanpa dilandaskan ilmu maka khawatir terjerumus ke dalam kesesatan dan telah menyerupai orang-orang Nasrani dalam perbuatannya itu.

Kedua, Amal. Siapa saja berilmu namun tidak mengamalkannya, maka ia telah menyerupai orang-orang Yahudi. Sebab mereka itu berilmu, namun tidak mau mengamalkannya. Di antara tipu muslihat setan, ia memperdaya manusia agar tidak senang terhadap ilmu, dengan anggapan bahwa ia akan dimaafkan di hadapan Allah karena kebodohannya!

Ia tidak tahu bahwa siapa yang memiliki kesempatan untuk belajar namun ia tidak melakukannya, maka telah tegak hujjah terhadap dirinya. Inilah dalil yang dikemukakan oleh kaum Nuh ketika:

mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (kemukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat.” (QS. Nuh: 7) Agar hujjah tidak terhadap mereka.

Ketiga, Dakwah kepadanya. Karena para ulama dan da’i adalah pewaris para nabi, Allah telah melaknak Bani Israil, karena:

Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.” (QS. Al-Maidah: 79)

Sedangkan dakwah dan ta’lim (pengajaran) merupakan fardhu kifayah, jika ada sejumlah orang yang mengerjakannya, maka yang lain tak berdosa, namun jika semua orang mengabaikannya maka berdosalah mereka.

Keempat, Sabar atas penderitaan baik dalam menuntut ilmu, mengamalkan dan mendakwahkannya. Nomer keempat inilah yang menjadi pelengkap sekaligus pendamping dari tiga nomer sebelumnya. Tentu setelah memiliki ilmu, pengamalan dan dakwah, maka seorang muslim dianjurkan untuk banyak bersabar karena tentunya jalan dalam menuntut ilmu, pengamalan hingga dakwah boleh jadi akan menemukan banyak lika-liku.

Karena itulah seorang muslim dianjurkan untuk banyak bersabar dalam mempelajari itu semua. Karena mudah-mudahan dengan empat bekal tersebut membuat seorang hamba semakin dekat dengan Rabb juga kunci untuk meraih ridaNya.

Sumber: Tafsir Al-‘Usyr Al-Akhir

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image