Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andrian Eksa

Satu Tim Robotika MTsN 9 Bantul Melaju ke Babak Final Kompetisi Virtual Petrosains RBTX Challenge 20

Info Terkini | Friday, 10 Dec 2021, 09:37 WIB

Petrosains RBTX Challenge merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Petronas Malaysia di mana semua penggemar robotika berkumpul untuk bertanding dalam kreasi robotika. Selain sebagai ajang kompetisi robotika, Petrosains RBTX juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar, mengeksplorasi, dan berbagi pengetahuan tentang robotika. Penyelenggaraan Petrosains RBTX bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat tentang era digital yang berkembang pesat didorong oleh konvergensi teknologi canggih yaitu robotika, loT, Quantum Computing. Selain itu, Petronas sebagai penyelenggara juga berharap bisa menginspirasi massa untuk siap menerima revolusi industri keempat. Petrosains RBTX juga diharapkan dapat membekali generasi muda dengan keterampilan membangun digital STEM yang relevan seperti pengkodean dan pemrograman tertanam.

Tahun 2021 ini merupakan pertama kalinya pihak penyelenggara menggelar Petrosains RBTX Challenge secara virtual. Pada seleksi awal Petrosains RBTX, Tim Robotika Masemba 02 yang beranggotakan Verrel Aesar Aulayain kelas 7C dan Dika Nur Haryanto kelas 7B dinyatakan lolos dan berhak melaju ke babak final.

“Tadi pagi waktu buka WA group robotika Pak Mu’ad memberi kabar jika kami dinyatakan lolos ke babak final. Alhamdulillah saya dan Dika senang karena ini pengalaman kami ikut ekstrakurikuler robotika dan kompetisi internasional. Kami berharap bisa memberikan hasil terbaik untuk MTsN 9 Bantul tercinta di babak final nanti,” ungkap Verrel Aesar Aulayain anggota Tim Robotika Masemba 02.

Verrel dan Dika, keduanya membuat robot yang diberi nama Sakti Bravo. Selanjutnya Tim Robotika Masemba 02 akan bertanding di final Petrosains RBTX pada Sabtu, 06 November 2021 dengan agenda Virtual Qualifying Rehearsal yang dilanjutkan dengan agenda Virtual Qualifying Competition pada Sabtu, 13 November 2021 mendatang.

“Tadi saya mendapat kabar dari Pak Mu’ad selaku koordinator Robotika MTsN 9 Bantul bahwa ada satu Tim Robotika Masemba yang dinyatakan lolos Petrosains RBTX Challenge dan lanjut ke babak final November ini. Saya berharap semoga anak anak ini bisa membawa hasil terbaik dari Petrosains RBTX Challenge dan mengharumkan nama MTsN 9 Bantul di kancah internasional,” ungkap Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul. (dn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image