Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sabbaruddin

The Government Economic of Law Part-2

Edukasi | Saturday, 12 Nov 2022, 22:48 WIB

The Government Economic of Law Part-2

Dalam hal ini penulis akan menguraikan kejahatan-kejahatan (KKN) yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki wewenang atau kedudukan di dalam pemerintah (Trias Politica) dan memberikan dampak kerugian bagi masyarakat umum, dan hal ini adalah upaya untuk memiskinkan rakyat.

Di dalam tubuh pemerintahan begitu banyak kita temui kejahatan-kejahatan yang sangat merugikan masyarakat umum. Mulai dari memperjualbelikan jabatan, membeli kebijakan, penyogokan, korupsi tentunya hal ini sangat merugikan negara dan merusak sistem pemerintahan. Sehingga hal ini mengganggu stabilitas Negara.

Hal-hal yang perlu diingat sebagai pelajaran penting mengenai fenomena yang di uraikan dalam teori "The Government Economic of Law" adalah pemerintah menjadi koagulan dalam menciptakan kejahatan. Sistem pemerintahan di republik ini semestinya sudah berada pada imajinasi yang sangat tinggi yaitu Utopia.

Namun the Government Economic of Law menerangkan fakta yang teragis dan miris yang sedang menimpa republik ini akibat ulah para elit elit, yang tak tahu menahu dampak yang diderita oleh masyarakat umum akibat kejahatan yang dilakukan.

Para elit memperjualbelikan jabatan dan kebijakan serta wewenang sehingga memberikan dampak kekayaan bagi nya, dalam memperjualbelikan jabatan sama dengan orang yang punya uang yang dapat jabatan bukan orang yang semestinya menduduki jabatan tersebut, sehingga dalam hal ini cenderung menghasilkan kebijakan yang tak memihak kepada masyarakat, tentunya juga dalam membeli kebijakan dapat menguntungkan bagi para elit dan si pembeli kebijakan dengan keuntungan sebanyak-banyaknya, serta menjual kewenangan juga memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan.

Dalam fenomena ini akan menghasilkan kekayaan yang sangat besar dan menciptakan kemiskinan yang sangat besar juga. Penulis berpikir uang hanya berputar di atas sehingga menciptakan disparitas ekonomi yang menjerit masyarakat, sesuai dengan karangan buku Richard Posner "Analisis Economic of Law" kejahatan bersumber dari kemiskinan maka dapat kita simpulkan bahwa kejahatan yang terjadi di dalam masyarakat cenderung karena faktor ekonomi miskin yang disebabkan oleh para elit.

Inilah pentingnya bagi kita semua untuk selalu mengawasi, mencurigai dan harus mempersoalkan gerak gerik penguasa di republik ini, karena kebijakan yang dikeluarkan sangat berpotensi akan merenggut masa depan bangsa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image