Tutorial Memasak Nasi Putih Menjadi Lezat, Gurih dan Enak

Image
Ruang Dakwah Medis Indonesia
Kuliner | Friday, 11 Nov 2022, 14:26 WIB
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika menjelaskan ketahanan pangan dalam smeinar online zoominar/photo by : yotuube source

Solo – Nasi merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh penduduk Indonesia. Setiap hari penduduk Indonesia tidak lepas setiap pagi memasak nasi untuk kebutuhan sehari - hari. Bahkan kebutuhan pangan beras dinegara Indonesia setiap tahun semakin meningkat dikarenakan peningkatan jumlah penduduk Indonesia.

Dalam penelitian yang sudah dilakukan bahwa konsumsi makan nasi putih penduduk indonesia sebanyak 0,286 kg per minggu pada tahun 2018, kemudian naik menjadi 0,331 per minggu pada tahun 2019 dan kemudian meningkat menjadi 0,342 kg per minggu pada tahun 2022. Setelah itu pada 2021 konsumsi nasi putih penduduk Indonesia sebesar 0,309 kg per minggu pada tahun 2022. Dalam catatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa semakin tahun semakin meningkat dalam konsumsi beras.

Cara menanak nasi disetiap daerah pun berbeda – beda, ada yang menanak nasi masih dengan alat tradisional dengan wadah seng kemudian diatas tungku dan ada juga yang menggunakan alat modern berupa Magic Jar. Cara menanak nasi yang salah membuat nasi putih yang habis dimasak tidak tahan lama, bahkan tidak sampai 12 jam nasipun menjadi basi.

Maka dari itu diperlukan cara tutorial menanak nasi putih yang baik dan benar supaya nasi putih tahan lama hingga 24 jam serta gurih, lezat dan enak dikonsumsi. Seperti yang sudah disampaikan dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” didalam chanell youtube “Ruang Dakwah Medis Indonesia” bahwa cara pengolahan menanak nasi yang salah akan bisa merubah zat kandungan gizi didalamnya serta membuat nasi tidak tahan lama.

Cara menanak nasi yang baik dan benar antara lain disiapkan tempat menanak nasi seperti wadah magic jar kemudian dibasahi dengan air dengan tujuan supaya beras yang ditaruh bisa lembab dan tidak kering ketika dilakukan pemasakan. Kemudian mengambil takaran beras secara tepat takaran yaitu 1/3 gelas ukur 500 cc kemudian dimasukkan ke dalam wadah magic jar.

Setelah itu kemudian dicuci dengan air dan dicuci dengan air mengalir sebanyak 3x bilas dan diputar berlawanan searah jarum jam. Setelah itu kemudian beras diberikan air dengan ketinggian 2 - 3 cm dari permukaan. Kemudian setelah itu berikan peresan daun jeruk nipis sebanyak ½ buah yang bertujuan memberikan cita rasa serta memberikan aroma dan tahan lama.

Setelah selesai, kemudian masukkan beras ke dalam wadah magic jar kemudian tekan tombol on didalam magic jar. Setelah selesai maka tombol pada magic jar akan naik sendiri. Dan kemudian nasi putih yang lezat siap untuk dikonsumsi. *Red

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bermanfaat, menyejukkan dan penyambung amal jariyah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image