Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Meneladani Sikap Para Pahlawan

Edukasi | Thursday, 10 Nov 2022, 14:26 WIB

Setiap tanggal 10 November, kita selalu memperingati Hari Pahlawan. Pada tahun ini Hari Pahlawan hadir dengan tema “Pahlawanku, Teladanku”, dengan harapan agar perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. Setiap orang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing tanpa harus dengan mengangkat senjata.

Meneladani sikap kepahlawanan perlu diterapkan saat melakukan hubungan dengan teman dan orang di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bertujuan untuk menghormati, bertoleransi, dan menciptakan persatuan dan kesatuan sesama masyarakat Indonesia.

Beberapa contoh sikap kepahlawanan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain: Semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi, Persatuan dan Kesatuan, Kebersamaan dan Tanggung jawab, Cinta Tanah Air, Rela berkorban tanpa pamrih, Berani mengatakan yang benar dan tidak membela yang salah, Mau mendengar dan menerima pendapat orang lain, Tidak mementingkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama, Menghormati dan bertoleransi terhadap budaya dan adat dari lain daerah, Tidak pamrih dalam menolong keluarga, teman, dan orang lain, Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah dan masih banyak lagi contoh sikap kepahlawanan yang dapat kita teladani.

Upacara Memperingati Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022

Untuk meneladani sikap-sikap kepahlawanan tersebut tentu membutuhkan proses yang panjang, tidak bisa semerta-merta langung bisa seperti para pahlawan. Oleh karena itu, SMP Al-Hikmah Boarding School mengadakan berbagai kegiatan pada Hari Pahlawan, tepatnya pada hari kamis 10 November 2022. Hal ini bertujuan agar para siswa bisa menteladai sikap-sikap para pahlawan. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang di ikuti oleh seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan SMP Al-Hikmah Boarding School Batu.

Nonton Bareng Film Perjuangan

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh SMP Al-Hikmah Boarding School adalah nonton bareng film perjuangan para pahlawan. Manfaat dari menonton film perjuangan sangatlah banyak, antara lain: Menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air, Mengobarkan semangat nasionalisme, Mengenang jasa para pahlawan, serta menghidupkan jiwa patriotisme.

Lomba Pidato

Lomba pidato kepahlawanan antar siswa merupakan kegiatan selajutnya yang dilakukan di SMP Al-Hikmah Boarding School Batu. Tentunya kita semua tau bagaimana dahsyatnya pidato Bung Tomo yang bisa membakar semangat para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI ini pada pertempuran 10 November 1945, yang menjadikannya sebagai asal muasal Hari Pahlawan yang sedang kita perngati ini. Lomba pidato kepahlawanan ini bertujuan agar siswa dapat lebih menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan dengan memperagakan pidato tentang kepahlawanan.

Mempersiapkan Lomba Mading Bertemakan Hari Pahlawan

Kegiatan terakhir yang dilakukan di SMP Al-Hikmah Boarding School Batu dalam rangka Hari Pahlawan ini adalah lomba mading kelas dengan bertemakan Hari Pahlawan. Selain bertujuan untuk mengasah kreatifitas para siswa, lomba mading ini juga bertujuan untuk membangun rasa nasionalisme dan juga mengajarkan keteladanan kepada siswa SMP Al-Hikmah Boarding School Batu tentang kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan hak dan kewajiban.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image