Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image mira r

KEMERIAHAN HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN GEBYAR CTPS DI SDN KETABANG I SURABAYA

Sekolah | Thursday, 10 Nov 2022, 12:53 WIB

Surabaya, 15 Oktober 2022. Divisi Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) bekerja sama dengan UNICEF (United Nations Children’s Fund) dalam kegiatan Magang Bersama Kuliah Merdeka (MBKM) yang berlangsung pada tanggal 19 September hingga 15 Oktober 2022. Salah satu bentuk kerja sama kedua institusi adalah dengan mengirimkan mahasiswa ke beberapa sekolah dasar di kota Surabaya untuk melakukan promosi terkait budaya cuci tangan di tingkat instansi pendidikan, yang juga diadakan di SDN Ketabang I Surabaya.

Kegiatan magang ini bertujuan untuk memperkuat perilaku cuci tangan pakai sabun melalui intervensi perubahan perilaku di sekolah dasar. Puncak dari acara magang adalah dengan menggelar acara gebyar yang juga bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.

Gebyar di SDN Ketabang I dilangsungkan pada tanggal 15 Oktober 2022 guna memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Acara ini digelar meriah dengan diadakannya beberapa perlombaan, antara lain lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti oleh kelas 3 – 4 serta lomba gerak dan lagu yang diikuti oleh kelas 5. Tema yang diusung dalam perlombaan adalah Cuci Tangan Pakai Sabun yang kemudian dibumbui oleh kreasi dari siswa-siswi di SDN Ketabang I. Guru sekolah didapuk sebagai dewan juri agar ada keterlibatan pihak sekolah untuk memeriahkan acara tersebut. Antusiasme para siswa dapat dirasakan dari awal hingga akhir acara gebyar.

Agar perilaku cuci tangan pakai sabun menjadi perilaku yang menetap di SDN Ketabang I, mahasiswa memilih duta cuci tangan pakai sabun dengan mengambil perwakilan dari siswa-siswi kelas 3 – 5. Seleksi duta dilaksanakan pada saat kegiatan gebyar berlangsung dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah. Duta putra yang terpilih adalah Stefanus (siswa kelas 5C) serta Mega (siswa kelas 3B).

Kegiatan gebyar ditutup dengan pengumuman pemenang lomba serta pemberian hadiah kepada para juara, pemberian selempang penobatan duta cuci tangan pakai sabun terpilih, serta foto bersama.

Mahasiswa berharap dengan adanya acara gebyar di SDN Ketabang I, warga sekolah dapat menjaga budaya cuci tangan serta menjadikan acara peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia sebagai acara tahunan agar warga sekolah tidak lupa pentingnya cuci tangan (wid).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image