Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketut Agus

PPSDM Migas berikan Pelatihan Gas Safety Inspector

Eduaksi | Wednesday, 09 Nov 2022, 16:00 WIB

Inspektur keamanan minyak dan gas bumi bertugas sebagai pelaksana teknis dalam melakukan inspeksi, pengujian, poses dan berbagai aspek minyak dan gas bumi.

Untuk mendukung pentingnya pemahaman tersebut maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Gas Safety Inspector untuk pekerja di industry migas yang dilaksanakan pada, Senin (07/11/22).

Martono, selaku pemateri pada pelatihan ini menjelaskan mengenai Prosedur Isolasi Energi.

“Standard keselamatan dalam isolasi energi adalah sebagai pengendalian energi untuk memastikan dicegahnya pelepasan energy yang tak terduga pada saat kegiatan perbaikan atau pemeliharaan yang dapat melukai pekerja, peralatan atau lingkungan,” jelasnya.

Kemudian ia juga menjelaskan mengenai Isolasi Proses.

“Dalam prosedur isolasi energy dapat digunakan untuk mengisolasi energy fluida. Kemudian ada beberapa jenis-jenis isolasi proses yaitu isolasi positif, isolasi dengan valve, metode isolasi lain (Mechanical Expanded Plug, Inflatable Bag atau Frozen Plug),” tambahnya.

Pelatihan ini dilaksakan selama 3 hari dengan beberapa penambahan materi lain diantaranya Safety Inspection, Analisis Risiko, Hazardous Area Classification, Permit to Work & JSA, Confined Space Entry dan SCBA & Gas Detektor.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image