Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Permisan Nusakambangan

Pegawai Lapas Permisan Nusakambangan Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Data Pemilih Pemilu

Info Terkini | Monday, 07 Nov 2022, 20:33 WIB

Cilacap -

Pegawai Lapas Permisan Nusakambangan ikuti rapat koordinasi persiapan penyusunan data pemilih untuk pemilu tahun 2024 oleh KPU Cilacap, Senin (7/11/2022).

Rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Cilacap diikuti perwakilan dari 9 lapas yang ada di Nusakambangan dan Cilacap. Rapat tersebut diselenggarakan untuk persiapan penyusunan data pemilih pada Pemilu 2024 mendatang. Dengan tujuan agar data yang diperoleh nantinya dapat digunakan sebagai acuan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang akan datang.

Anggota KPU Cilacap, Divisi perencanaan data dan informasi yaitu Ami Purwandari menuturkan, bahwa kegiatan ini untuk meyelenggarakan TPS di tempat khusus.

“Rapat koordinasi ini diselenggarakan untuk menyusun daftar pemilih yang ditempat khusus, seperti Lapas, Panti Sosial, Lokasi Bencana dan Daerah Konflik. Dikarenakan banyak dari warga yang memiliki hak pilih tetapi tidak dapat menyalurkan hak pilih mereka di TPS daerah asal mereka," ungkap Ami.

Penyusunan Data Pemilih pada Pemilu mengacu pada landasan dasar hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan PKPU No. 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Data Informasi Pemilih.

Dengan diselenggarakannya rapat koordinasi penyusunan data pemilih oleh KPU Cilacap, dapat mengurangi angka Golput pada Pemilu tahun 2024 yang akan datang.

Lapas Permisan sendiri diwakili oleh kasubsi Bimkemaswat Candra Putra Perwira, yang menyampaikan tentang jumlah Warga Binaan yang ada di Lapas Permisan.

“Dengan mengikuti rapat koordinasi di KPU Cilacap, kami dapat menyampaikan berapa jumlah warga binaan Lapas Permisan yang memiliki hak pilih sebagai Warga Negara Indonesia, sehingga mereka dapat menggunakan hak pilih mereka di Pemilu tahun 2024 yang akan datang," Ungkap Candra.

#kemenkumhamri

#kemennkumhamjateng

#kemenkumhampasti

#lapaspermisanNK

#Ayuspahruddin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image