Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image David Efendi

Demi Ibu Bumi, Kaum Muda Penggerak Literasi Bacakan Sumpah Pemuda bagi bumi

Politik | Monday, 07 Nov 2022, 07:08 WIB

Yogyakarta-Ahad, 6 November 2022 sekumpulan anak muda yang tergabung di Rumah Baca Komunitas menyuarakan kedaruratan krisis iklim di area NOL KM Malioboro Yogyakarta. Mereka juga membuat statemen kunci di halaman istana presiden dan serangan umum 11 Maret. Beberapa seruan itu mengajak kelompok beriman agar lebih peduli urusan bumi yang kian merana. Jika kaum beriman tidak ambil bagian tegas, maka iman itu sendiri akan terancam, tutur peserta aksim faiz Zaman yang juga mahasiswa tersebut.

Foto: Aksi penggerak literasi untuk Bumi yang lestari/2022/dok.pribadi

Memang isu iklim menjadi seksi beberapa tahun terakhir ini, tapi yang belum peduli juga besar jumlahnya sehingga kampanye yang sistematis terus menerus perlu diupayakan dan didukung. Banyak pihak yang kesannya masih menyepelekan krisis iklim. Walau demikian ada optimisme yang menguat akan kontribusi kelompok Islam dalam merespon krisis diantaranya adalah makin menguatnya isu ekologi di Aisyiyah dan Muhammadiyah serta organisasi di bawahnya yang akan menghelat Muktamar bulan ini.

"Gerakan ini diikuti sangat antusias kader muda di berbagai daerah, the rising agency for climate strike now and on. Tak ada alasan paling paripurna mengapa gerakan pelajar muhammadiyah ini niscaya dan mendesak diperkuat karena ada isu keadilan antar generasi yang disebabkan bisnis energi kotor dan ektraktifisme yang menghancurkan alam dan tak menyisakan space untuk generasi mendatang. Visual ini jelas menunjukkan suara mereka tidak mau ditraktor/ditraktir oleh generasi tua(kuasa). Kedua, suara "nyaring" melalui gerak yang sedang dibentuk oleh ekosistem gerakan lingkungan menciptakan kondisi belajar yang baik bagi pelajar Muhammadiyah untuk memperkuat dan mencipta peristiwa perubahan paradigma, kesadaran, gaya hidup, dan imajinasi ekologis dalam semesta masa depan.", tandas David Efendi, mewakili volunteer Greenfaith Indonesia.

Di sela-sela aksi, ada banyak pengendara motor atau mobil mengambil gambar kegiatan aksi damai tanpa kekerasan ini. Apresiasi yang baik dari masyarakat sangatlah penting. Di akhir kegiatan aksi ini, sumpah pemuda dibacakan secara hikmad oleh peserta dengan latar belakang Bank Indonesia yang juga diserukan agar bank tidak mendanai kegiatan ekstraktif yang merusak bumi. Ini adalah naskah sumpah pemuda pemudi penjaga bumi tersebut:

Sumpah Pemuda Pemudi Penjaga Bumi

Kami pemuda pemudi bangsa Indonesia ber-ibu satu, Ibu Bumi

Kami pemuda-pemudi bangsa Indonesia, bersatu padu menjaga tanah air indonesia dan menangkal Krisis Iklim, mencegah kerusakan yang dapat mengancam keselamatan ekosistem dan kemanusiaan.

Kami pemuda pemudi bangsa Indonesia bertekad memberdayakan pengetahuan ekologi untuk melatih dan membiasakan praktik kehidupan yang ramah dan menghormati hak hak alam.

Indonesia, 28 Oktober 2022

Bulan aksi iman untuk iklim ini berlangsung sejak 6 Oktober sampai 6 November sehingga dapat digelari sebagai bulan iman untuk keadilan iklim di seluruh dunia. RBK sendiri telah berpartisipasi kampany sejak tiga tahun lalu. Menutup rangkaian ini dikabarkan akan ada pembacaan petisi dilakukan secara bersama-sama lintas jejaring aksi iklim. Sekitar pukul 16.30 aksi diakhiri dengan tepuk tangan dan salam semangat (adminRBK).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image