Tips Singkat Belajar Bahasa Inggris

Tips  

Kemampuan bahasa asing khususnya Bahasa Inggris masih diperlukan di era generasi Z. Hal ini karena Bahasa Inggris diperlukan untuk bekerja atau kuliah di negara berbahasa Inggris. Kecakapan berbahasa asing ini juga diperlukan untuk melamar di perusahaan atau instansi yang ada di Indonesia.

foto : dokpri

Tapi gimana sih caranya belajar Bahasa Inggris buat pemula? Berikut tipsnya.

1. Jangan takut salah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal pertama saat awal belajar yaitu membuat kesalahan. Sama seperti belajar Bahasa Inggris, kalian akan melakukan kesalahan entah dari segi pengucapan atau penulisan kata. Wajar, namanya masih proses belajar. Terkadang mereka yang sudah fasih berbahasa Inggris masih melakukan kesalahan. Meskipun mereka sudah menetap di negara berbahasa Inggris.

Jadi, buat kalian yang baru belajar Bahasa Inggris jangan takut salah.

2. Penutur asli juga melakukan kesalahan

Percaya atau tidak, penutur asli Bahasa Inggris juga melakukan kesalahan. Hal tersebut sama seperti kita penutur asli Bahasa Indonesia yang masih sering melakukan kesalahan. Ini adalah fakta yang hampir jarang dibicarakan bahkan oleh seorang tutor atau guru Bahasa Inggris sekalipun.

Umumnya, kesalahan yang mereka lakukan ada pada grammar atau tata bahasa. Kalau masih tidak percaya, sobat Calakan bisa mencari artikel di Google atau nonton video di Youtube tentang kesalahan yang sering dilakukan oleh penutur asli Bahasa Inggris.

3. Ada perbedaan dalam bahasa Inggris

Jika kalian sering nonton film dari Inggris dan Amerika, percayalah bahwa Bahasa Inggris memiliki perbedaan baik dari segi pelafalan, penulisan, sistem penanggalan, dan lain sebagainya. Umumnya, perbedaan yang paling menonjol yaitu Bahasa Inggris British dan American. Tetapi, di negara lain seperti Australia, Selandia Baru, hingga Kanada juga memiliki perbedaannya masing-masing, meski tidak seperti versi British atau American.

Selain itu, dalam satu negara berbahasa Inggris terdapat aksen atau logat yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Misalnya di Inggris terdapat logat Cockney, RP atau Receive Pronunciation, Posh, dan lain-lain. Begitu juga di Amerika terdapat logat New York, Texas, hingga California.

4. Sah-sah saja kalau mau memfokuskan satu versi

Sobat Calakan boleh saja memfokuskan belajar bahasa Inggris entah versi British atau American. Namun satu hal yang harus kalian tahu, bahwa Bahasa Inggris di Indonesia tidak sepenuhnya menggunakan versi British atau American alias gado-gado.

Memfokuskan pada satu versi Bahasa Inggris akan membantu kalian jika ingin kuliah atau bekerja di negara berbahasa Inggris atau sekadar untuk berlibur. Nantinya, saat kalian di luar negeri, tidak bakal kaget dengan istilah ataupun pengucapan yang berbeda dengan versi yang kalian sering gunakan saat di Indonesia.

Jadi, buat sobat Calakan yang baru belajar Bahasa Inggris jangan takut salah, baik dari tata bahasa ataupun pengucapan. Selain itu, kalian jangan terlalu memfokuskan satu versi entah versi British atau American sebab, kalian masih dalam tahap awal dalam belajar Bahasa Ingggris. Jadi, kapan mau mulai belajar? (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image