Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Purwodadi

Pastikan Kondusifitas Lapas, Kalapas Trolling dan Sapa WBP di Blok Hunian

Info Terkini | Friday, 04 Nov 2022, 10:48 WIB
Sumber: Tim Humas Lapas Purwodadi

Grobogan - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Purwodadi didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP), dan petugas jaga blok melakukan kontrol keliling blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Purwodadi, Rabu (2/11/2022).

Lapas Purwodadi mempunyai beberapa blok hunian untuk para WBP yaitu Blok Yudistira, Blok Bima, Blok Arjuna, Blok Bisma dan Blok Drupadi (khusus WBP Wanita). Dalam kesempatan kali ini, Kalapas Purwodadi, Soebiyakto melakukan trolling di blok hunian Yudistira didampingi oleh Ka.KPLP dan Petugas anggota Jaga. Selain trolling, Kalapas juga menyapa para WBP untuk mendengar aspirasi, memastikan para WBP sehat, serta menghimbau agar para WBP turut menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan blok hunian.

Kontrol keliling atau yang akrab dengan istilah Trolling, merupakan agenda wajib jajaran pengamanan di Lapas maupun Rutan. Sesuai dengan Permenkumham No. 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara, Kontrol adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengendalian secara seksama terhadap sasaran pelaksanaan tugas pengamanan. Ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban pada Lapas atau Rutan.

Kalapas Kelas IIB Purwodadi, Soebiyakto menjelaskan bahwa tujuan Kalapas melakukan kontrol blok hunian secara rutin adalah untuk mengetahui secara langsung keadaan blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik dari keadaan kamar, kebersihan, sanitasi kamar dan lingkungan blok, sarana keamanan serta kondisi kesehatan dari para WBP itu sendiri. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk monitoring dan evaluasi berdasarkan keadaan di lapangan sebagai bahan penentuan kegiatan dalam rangka pemeliharaan baik bangunan. Untuk memastikan kondisi bangunan lapas dalam keadaan aman, pengecekan terhadap sudut-sudut bangunan yang rentan terjadi pelarian, atau dijadikan tempat persembunyian barang terlarang juga merupakan fokus dilakukannya trolling sebagai bagian dari upaya deteksi dini memastikan keamanan dan ketertiban Lapas Purwodadi. “Semoga Lapas Purwodadi selalu aman, tertib dan kondusif”, pungkas Kalapas.

(Tim Humas Lapas Kelas IIB Purwodadi)

Kepada Bapak/Ibu silahkan mengunjungi berita terkait kegiatan Lapas Kelas IIB Purwodadi dan dukung kami dalam mewujudkan zona integritas yang berkelanjutan dengan Follow, Like, Komen, Subscribe dan Share.

Terimakasih

@kemenkumhamri

@ditjenpas

@kemenkumham_jateng

#KemenkumHAMRI

#KanwilKemenkumhamJateng

#DitjenPas

#Pengayoman

#Pemasyarakatan

#AYuspahruddin

#KamiPasti

#JatengGayeng

#LapasPurwodadi

,

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image