Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Contoh:Deskripsi Diri Seorang Guru

Eduaksi | Thursday, 03 Nov 2022, 06:21 WIB
Dokpri. Kunjungan ke LP Aceh Barat

Kegiatan mengajar merupakan aktivitas yang dekat dengan kehidupan saya. Sehingga mengajar dan berinteraksi dengan siswa terasa membahagiakan. Dengan mengajar kita akan menjadi lebih berguna dan efektif dalam pembangunan masyarakat.

Saya mulai mengajar di SDN.......(Aceh Barat) sejak 2007, dengan gelar A. Md. Lalu pada tahun 2011 saya menyelesaikan S1 PAI di (STAI Tengku Dirundeng Meulaboh).

Saya dan Lingkungan Sekolah:

Setiap kali berinteksi dengan siswa dan lingkungan sekolah saya selalu bersikap antuasias dan penuh semangat. Terutama karena saya mengajar pada level SD, yang tentunya sikap tersebut sangat dibutuhkan dan memengaruhi perilaku siswa. (Saat ini, saya mengajar di kelas 3, 4 dan kelas 5.)

Diantara program utama yang sering saya tonjolkan dalam kelas dan interaksi dengan siswa adalah, pendekatan persuasif kepada siswa. Serta memperbanyak sesi praktik dalam pembelajaran, terkait ibadah dan akhlak. Terkhusus lagi perihal shalat dan kemampuan baca Alquran, serta adab sehari hari. Saya juga konsen dalam program remedial kelas guna meningkatkan capaian belajar siswa yang saya asuh.

Dalam pandangan saya, setiap anak telah dianugerahi Allah swt naluri baik dan buruk serta bakat khusus yang butuh dibina dan dikembangkan menurut periodenya masing masing dan tidak bisa kita paksakan.

Untuk itu saya dan bersama teman teman saling mengingatkan untuk bisa menjadi teladan, utamanya di lingkungan sekolah di hadapan para siswa sehari hari.

Di samping itu, saya juga terdorong untuk memberikan kontribusi lebih bagi sekolah dengan gagasan dan ide ide perbaikan/pengembangan program sekolah. Baik dalam hal disiplin, layanan ke siswa dan tata ruang lingkungan sekolah.

Pengembangan Diri:

Untuk menunjang kegiatan sekolah dan pembelajaran, saya berusaha mengusai Teknologi informasi/Komputer atau internet, dan terlibat dalam isu isu medsos/berita online terkait kemajuan pendidikan.

Sebagai wujud pengembangan diri dan profesionalisme, saya berusaha dalam partisipasi beberapa kegiatan pelatihan dan penguatan kompetensi. Seperti pelatihan K13, pelatihan sekolah Islam, forum MGMP PAI, pelatihan program guru penggerak, dan penyusunan soal soal USBN tingkat lokal, serta lulus pretes PPG 2022.

Kemasyarakatan:

Sedangkan untuk program kemasyarakatan, saya terlibat aktif di kemakmuran masjid setempat, komunitas pemuda dan kelompok taklim/balai pengajian orang dewasa. Saya juga berupaya mendorong perubahan dan perbaikan di tengah masyarakat. Sebab, antara guru, sekolah dan masyarakat tidak bisa dipisahkan.

Semoga deskripsi singkat ini bermanfaat dan sebagai bahan pertimbangan formal yang relevan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image