Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Kelas I Batu Nusakambangan

Peduli Sesama, Lapas Batu Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah

Info Terkini | Tuesday, 01 Nov 2022, 12:56 WIB
Kalapas Batu Pantau Kegiatan Donor Darah UPT Pemasyarakatan Se-Nusakambangan, Foto : Humas Lapas Batu

NUSAKAMBANGAN - Sebagai wujud kepedulian antar sesama, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu Nusakambangan melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini telah dilaksanakan secara rutin setiap Tiga (3) bulan sekali. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan para Petugas pemasyarakatan serta sebagai wujud rasa peduli kepada sesama. Selasa (01/11) di Wismasari Lapas Batu. Kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap. Pukul 08.30 WIB petugas dari PMI Kabupaten Cilacap tiba di Aula Wismasari dan disambut langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu Nusakambagan, I Putu Murdiana yang diikuti oleh petugas Pemasyarakatan Se-Nusakambangan dan Taruna Poltekip Angkatan 53 yang memenuhi persyaratan untuk mendonorkan darah, pada pukul 09.00 WiB kegiatan donor darah dimulai. Baik petugas maupun Taruna Poltekip Angkatan 53 sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Di sela-sela kegiatan itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu Nusakambagan, I Putu Murdiana berharap kegiatan ini dapat membawa banyak manfaat. “Kita berharap dengan kegiatan donor darah ini, pasokan darah untuk PMI Cilacap dapat tercukupi untuk melayani masyarakat yang mengalami musibah atau sedang sakit sehingga membutuhkan darah. Saya selaku Koordinator Wilayah Nusakambangan-Cilacap mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran petugas Nusakambangan yang telah menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan, mudah mudahan kegiatan yang positif ini bisa terlaksana kembali,” ujarnya. Dari kegiatan donor darah ini terkumpul 58 kantong darah. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama dan darah yang kita sumbangkan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selain memberikan manfaat kepada penerima ,donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Melansir dari alodokter.com, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan.

Sementara bagi pendonor, manfaat itu diantaranya; dapat sebagai pendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah merah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, dan menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, serta dapat menjaga kesehatan mental.

Itulah berbagai manfaat donor darah yang bisa diperoleh. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga telah mencanangkan hari Donor Darah Sedunia setiap tanggal 14 Juli. Mengingat berbagai manfaat donor darah yang tidak sedikit, pendonor dapat melakukannya secara rutin di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit terdekat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image