Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atika Hidayati

PPSDM Migas Tingkatkan Pemahaman Teknologi dan Keekonomisan Jaringan Pipa Gas Alam untuk ASN KESDM

Eduaksi | Monday, 31 Oct 2022, 14:50 WIB

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) saat ini sedang menggenjot pemahaman Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan KESDM tentang distribusi dan keekonomian jaringan gas bumi. Seperti diketahui bahwa gas memegang peranan penting dalam berbagai industry seperti pupuk, baja, petrokimia, selain merupakan alternatif energi bersih dan mumpuni untuk rumah tangga. Sehingga menjadikan gas sebagai jalur penghubung untuk pengembangan sumber energi terbarukan.

Mengingat pentingnya hal ini, PPSDM Migas mengadakan pelatihan Technology and Economy for Natural Gas Pipeline untuk pegawai di lingkungan KESDM selama lima hari yang dimulai pada Senin (24/10/22) yang diselenggarakan di PPSDM Migas, Jalan Sorogo Nomor 1, Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Risdiyanta, widyaiswara, pengampu materi yang sekaligus sebagai course leader pelatihan ini menjelaskan bahwa diharapkan agar peserta pelatihan mampu memahami teknologi dan keekonomian jaringan pipa gas alam.

“Salah satu materi dalam pelatihan ini adalah natural gas distribution yaitu jaringan perpipaan yang membawa natural gas kepada konsumen dari berbagai macam sumber gas supply. Ada beberapa jaringan perpipaan yaitu jaringan untuk melayani konsumen rumah dan pipa utama gas distribusi di mana pipa berdiameter besar ditanam yang dipasang oleh perusahaan distribusi gas. Lebih dalam lagi, nantinya peserta akan diberikan materi tentang pengangkutan dan distribusi LNG, CNG, dan Truck Skid,” jelasnya.

Beberapa mata pelatihan yang diberikan selama lima hari meliputi Gas Properties and Processing, Gas Pipeline Hydraulic, Gas Metering, Material Selection, Material Corrosion, Pipeline Maintenance, Transmisi dan Distribusi, Cost Estimation, serta Gas Pipeline Hydraulic.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image