Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khoerul Rohman

Puskesmas Cipadung Adakan Gebyar IVA Test Gratis, Guna Cegah Penyakit Kanker Serviks dan Payudara

Eduaksi | Friday, 28 Oct 2022, 22:24 WIB

Bandung,- UPT Puskesmas Cipadung gelar kegiatan gebyar IVA Test dan Sadanis gratis bagi seluruh masyarakat Cipadung, agenda ini digelar dalam rangka sosialisasi dan pemeriksaan untuk mencegah kanker serviks, dan kanker payudara di usia dini, pada hari Rabu dan Kamis tanggal 26 dan 29 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut di khususkan untuk wanita yang berumur 30 tahun keatas, atau yang sudah menikah dan berhubungan suami istri, acara tersebut diadakan secara gratis untuk seluruh masyarakat Cipadung. Untuk mengikuti kegaiatan gebyar Iva test dan Sadanis ini, ada persyaratan tertentu, yaitu berusia 30-50 tahun, Fotocopy KTP/KK, pendaftaran dilakukan secara online.

Salah satu pihak Puskesmas mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mendeteksi pada masyarakat yaitu perempuan, apakah mereka terdeteksi kanker serviks, atau kanker payudara, terutama mereka perempuan yang masih berusia dini.

“ Kegiatan gebyar Iva test dan Sadanis ini dilakukan untuk deteksi kanker serviks, yaitu melalui specimen melalui vagina, khususnya untuk perempuan yang sudah menikah dan berhubungan suami istri”, ujarnya pada Jum’at (28/10/2022).

Syarat lain yang harus dilakukan oleh perempuan yang akan diperiksa, yaitu perempuan yang sedang tidak hamil, perempuan yang sedang tidak datang bulan, dan perempuan yang tidak berhubungan suami istri selama 24 jam sebelum dilakukan pemeriksaan.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh perempuan jika mengikuti kegiatan ini, salah satunya sebagai pencegahan kanker serviks dan kanker payudara sejak dini.

“ Kegiatan ini mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu sebagai screning kesehatan reproduksi perempuan, jika terjadi masalah atau terdeteksi kanker serviks atau kanker payudara bisa terdeteksi lebih dini “ ucap pihak Puskesmas.

Penulis: Khoerul Rohman_ Mahasiswa Jurusan KPI_UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image