Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamadnurhi Dayah

Menanam Tumbuhan Herbal yang Sering Kita Jumpai

Edukasi | Monday, 24 Oct 2022, 15:19 WIB

Kegiatan menanam tumbuhan sudah banyak di gemari oleh banyak orang, terutama pada saat pandemi Covid-19 yang terjadi kemarin. Banyak sekali yang berbondong-bondong mencari tumbuhan hias yang cantik nan indah dipandang mata, bahkan ada yang harganya sampai puluhan juta. Namun masih jarang ditemui seseorang menanam tumbuhan herbal, sekalipun itu yang dapat dijumpai setiap hari kita.

Tentu hal itu disebabkan oleh belum adanya minat atau kesadaran bahwa menanam tumbuhan herbal sangatlah penting. Selain mendapat keuntungan mempercantik halaman rumah kita, dengan kita menanam tumbuhan herbal tak perlu lagi tergantung pada obat-obatan. Ditambah lagi harga obat yang terkadang justru lebih mahal. Nah, untuk menghemat biaya pengeluaran untuk kesehatan, ada baiknya kita memanfaatkan tumbuhan disekitar untuk dijadikan sebagai obat herbal yang tentu dapat mencegah dan mengatasi penyakit kronis. Berikut jenis tumbuhan yang sering kita jumpai sehari-hari.

1. Kangkung

Sayur kangkung dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Dengan caranya yang pertama siapkan seikat daun kangkung segar, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Lalu minum air hasil rebusan tersebut.

2. Lidah buaya

Kebanyakan orang mengenal tanaman lidah buaya adalah sebagai obat penyubur rambut, namun ada manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui didalam kandungan lidah buaya,seperti sebagai obat alami penyakit Diabetes Melitus. Caranya yaitu siapkan 2 pelepah daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya dan dipotong-potong. Kemudian, rebus dengan 3 gelas air, lalu disaring. Setelah jadi, minum sebanyak 3 kali sehari sesudah makan, masing-masih ½ gelas.

3. Jambu biji

Buah ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun dibalik itu semua, Jambu biji juga bisa dijadikan obat untuk Kencing Manis. Langkah yang pertama yaitu siapkan 1 buah Jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong. Kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.

4. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang biasanya dapat ditemui di setiap jenis masakan, terutama pada lalapan. Nah, ternyata ada fakta yang belum kamu ketahui dari kubis ini, yaitu dapat melindungi tubuh dari sinar radiasi yang berasal dari sinar x-ray, komputer ataupun gadget. Hal yang perlu dilakukan yaitu sediakan 25-30 gram kubis, lalu makan mentah-mentah sebagai lalapan. Atau dapat di buat jus dengan cara menyiapkan ¼ bagian kubis segar berukuran sedang lalu cuci sampai bersih, bilas dengan air matang, lalu potong-potong seperlunya. Jus kubis tersebut, lalu minum sarinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image