Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Oktavia Anugra

Asistensi Mengajar MBKM UNISRI 2022: Persiapan Assesmen Nasional Berbasis Komputer

Pendidikan dan Literasi | Friday, 21 Oct 2022, 20:09 WIB

Pendidikan merupakan sektor dunia yang sangat penting bagi suatu bangsa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah, Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan Tahun Pelajaran 2020/2021. Surat Edaran yang diterbitkan pada Februari 2021 ini ditujukan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia. Adapun ujian yang digunakan tahun ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Di SDN 01 Bulurejo sedang melakukan persiapan ujian Assesmen Nasional Berbasis Komputer dimana persiapan tersebut di lakukan satu minggu 1 sampai 2 kali. Ujian ANBK ini di lakukan oleh peserta didik kelas 5 dimana dalam ujian ini berisikan literasi membaca dan numerasi. Persiapan tahap awal peserta di berikan buku detik – detik ANBK guna menunjang persiapan ujian yang matang.

Mahasiswa asistensi mengajar membantu persiapan anbk tersebut dengan mengoperasikan komputer yang ada di SDN 01 Bulurejo. Dengan memberikan pelajaran tambahan mengenai numerasi dan membaca pada murid – murid kelas 5. Banyak di antara peserta didik masih belum dapat mengoperasikan komputer serta gagal memahami literasi yang ada. Sehingga mahasiswa asistensi ikut andil membantu agar siswa kelas 5 SDN 01 Bulurejo tidak tertinggal dengan sekolah yang lain.

Menurut Ririn mahasiswa asistensi mengajar “ujian ANBK di SDN 01 Bulurejo dilakukan dengan 2 sesi, yaitu sesi pertama pagi dan sesi kedua siang. Siswa – siswa di bantu terlebih dahulu mengoperasikan komputer lalu siswa akan login dengan sandi yang telah di berikan oleh guru pengawas.” Adanya anbk ini juga dapat mengajar siswa atau memperkenalkan siswa tentang kemajuan teknologi serta mengetahui web kemendikbud.

Tujuan di adakannya pelajaran tambahan mengenai persiapan anbk adalah mempermudah siswa untuk dapat terbiasa dengan soal yang pembacaannya panjang dan sulit dipahami. Dan tidak hanya literasi membaca namun numerasi yang membingungkan juga bisa membuat siswa lebih paham sedikit demi sedikit. Di karenakan numerasi dengan soal yang panjang juga sangat memberatkan bagi siswa. Oleh karena itu adanya tambahan teori dalam persiapan ujian ANBK akan sangat membantu siswa dalam melakukan ujiannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image