Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Zainuri

ANALISIS PENGARUH INSTRUMEN KEBIJAKAN MONETER ISLAM TERHADAP KINERJA BANK SYARIAH

Ekonomi Syariah | Tuesday, 18 Oct 2022, 20:55 WIB

Ahmad Zainuri

C1F020039

R-11

ESSAI

Kebijakan moneter merupakan kebijakan dalam upaya mengendalikan perekonomian negara secara makro untuk mencapai perekonomian yang lebih baik dengan cara mengatur jumlah uang yang beredar. kebijakan moneter islam, Kebijakan moneter sebenarnya bukan hanya mengutamakan suku bunga. kebijakan moneter dilaksanakan tanpa menggunakan instrumen bunga sama sekali. Di dalam Islam tujuan yang hendak dicapai tidak dapat dipisahkan dari ideologi dan keyakinan, sepanjang tujuan tersebut didasarkan pada Al Quran dan Sunnah maka menjadi keharusan bukan persoalan tawar menawar dan untung- untungan prinsip moneter Islam. Kebijakan moneter adalah tindakan yang dilakukan oleh penguasa moneter (biasanya bank sentral) untuk mempengaruhi jumlah uang beredar dan kredit yang pada gilirannya akan mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat. Bank sentral adalah lembaga yang berwenang mengambil langkah kebijakan moneter untuk mempengaruhi jumlah uang beredar.

Kinerja perbankan dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh suatu bank dengan mengelola sumber daya yang ada dalam bank seefektif mungkin dan seefisien mungkin guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan manajemen (Farid dan Siswanto, 1998 dalam Prasnanugraha, 2007:20). Penilaian kinerja perbankan menjadi sangat penting dilakukan karena operasi perbankan sangat berpengaruh terhadap maju mundurnya perekonomian suatu negara. Kinerja perbankan dapat dinilai dengan pendekatan analisis rasio keuangan.

Instrumen kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral tentunya akan berdampak kepada kinerja dari perbankan. dari pengambilan instrumen kebijakan moneter konvensional maupun instrumen kebijakan moneter Islam, dapat dilihat sejauh mana instrumen yang diambil tersebut mempengaruhi kinerja dari bank umum konvensional dan bank umum syariah secara keseluruhan di Indonesia. Kinerja bank umum konvensional maupun bank umum syariah dapat dilihat dari rasio keuangannya, rasio keuangan tersebut diantranya adalah Non Performing Loan (NPL) atau Non Performing Financing (NPF), Return on Assets (ROA), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) atau Financing to Deposit Ratio (FDR).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image