Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image
Hamdani
Bisnis | Tuesday, 07 Dec 2021, 08:52 WIB
Cemilan sehat Elvano Snack (Dokpri)

Kebutuhan bermacam pangan bagi kehidupan manusia saat ini semakin meningkat. Masyarakat tidak hanya perlu mengonsumsi makanan sekadar memenuhi kebutuhan dasar tapi juga cukup gizi dan vitamin.

Salah satu UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Kota Serambi Mekah yang menyediakan makanan ringan tersebut yaitu Home Industry Macaroni Goreng. Usaha industri rumah tangga ini setiap harinya memproduksi jenis makanan sehat dan bergizi berbahan makaroni.

Makaroni terbuat dari campuran gandum jenis durum, tepung terigu dan air. Makaroni yang beredar di pasaran umumnya telah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral seperti zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan asam folat.

Nah pada pembahasan kali ini Heri Syaputra, mahasiswa Politeknik Kutaraja akan membahas tentang makaroni goreng yang diproduksi oleh salah seorang pegiat UMKM yang diberi nama "Elvano Snack" atau cemilan sehat yang terbuat dari macaroni.

Elvano Snack memulai usahanya sendiri sejak tahun 2019 lalu di Banda Aceh, yang mana olahan makaroni yakni salah satu jenis pasta yang biasanya disajikan dalam bentuk hidangan Dalam bentuk makanan berat menjadi makanan ringan (snack) yang lebih dominan dimakan sebagai jajanan mengikuti trend yang beredar di kalangan masyarakat.

Proses produksi makanannya sendiri Elvano Snack dilakukan di rumah sang pemilik pada awal merintis usahanya.

Dari aspek modal awal usaha Elvano Snack menggunakan dana pribadi dan juga keluarga sebanyak Rp7 juta untuk digunakan sebagai pembelian bahan baku makaroni, perlengkapan dan peralatan dan juga varian bumbu untuk penyedap rasa.

Sejauh ini untuk tenaga kerja sudah bertambah semenjak dari awal merintis usaha ini, yang sebelumnya hanya dibantu oleh 2 orang dari keluarga dan saat ini sudah merekrut tenaga kerja dari kalangan luar sebanyak 6 orang.

Masing-masing karyawan memiliki tugas di bidang yang berbeda yakni pembuatan 2 orang, packingan 2 orang, distributor 3 orang, kurir 1 orang (khusus pengantar di luar area Banda Aceh), dan untuk produksinya tergolong fleksibel yakni perminggu mencapai 2000 pcs untuk produksi biasa, dan terkadang juga menghabiskan 700 pcs dalam sehari penjualan tergantung pesanan pembeli.

Varian rasa Elvano Snack saat ini menawarkan 3 varian berbeda yakni Balado, Jagung Manis dan juga Barbeque. Tersedia dengan ukuran/berat pemesanan dengan harga yang bervariasi yakni small Rp10.000, medium (½ Kg) Rp50.000 dan Big Size (1 kg) Rp90.000.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Elvano Snack mulai dari promosi di kalangan keluarga, teman maupun kenalan, dan juga dititipkan ke beberapa warung kopi maupun Cafe beberapa ritel di Banda Aceh dan Sabang.

Tidak terbatas disitu saja, tetapi Elvano Snack juga melakukan strategi marketing digital melalui Market Place (Faceebook,Instagram dan juga WhatsApp).

Nah untuk omzet Bruto perbulan bisa sekitar Rp64 juta tergantung kondisi dan banyaknya pemesanan.

Nah sampai disini dulu pembahasan kita mengenai usaha makaroni Elvano Snack yang mana semoga dengan adanya ulasan ini menguatkan mental enterpreneur kita dalam membangun suatu usaha,

Dengan adanya usaha-usaha lokal UMKM seperti ini semoga kedepannya semakin banyak terbuka lapangan kerja khususnya di Aceh sendiri demi meminimalisir dampak pengangguran. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lirik Dan Link Download Lagu Satru 2 - Denny Caknan MP3 Gratis Lengkap

Image

PT SGPJB Bersama LAZ Harfa Gelar Pembinaan untuk Guru Honorer

Image

Fitur GB Whatsapp Mod Apk Terbaru, Bisa Gunakan 2 Akun Sekaligus

Image

Akad Mudharabah sebagai Sarana Perencanaan Keuangan

Image

Yndx Brwr Rusia, Search Engine Luar Biasa Tembus tanpa Batas

Image

Mengapa Ada yang Bisa Terkena DBD dan Tipes Bersamaan?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image