Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Wakil Rektor IV UMP : Munculkan Ide Kreatif untuk Penelitian

Edukasi | Monday, 17 Oct 2022, 19:54 WIB
Wakil Rektor IV UMP : Munculkan Ide Kreatif untuk Penelitian

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi fasilitator Sosialisasi Pengenalan Kekayaan Intelektual dan Paten yang di gelar oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di hotel Java Heritage Purwokerto, Kamis (13/10/2022) lalu.

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Sumber Daya Manusia UMP Dr Anwar Ma'ruf MT dalam kesempatannya mendorong untuk memunculkan ide kreatif dan melakukan penelitian yang berorientasi kepada produk dan UMKM.

"Mudah-mudahan bisa menambah wawasan, memberikan tambahan ilmu terkait dengan kekayaan intelektual hingga memunculkan ide kreatif terkait dengan penelitian-penelitian yang harapannya adalah berorientasi kepada produk dan permasalahan yang di hadapi oleh UMKM", ucapnya.

Panitia DRPM dra. Sriyanti Lisda mengatakan semua peserta merupakan dosen muda dan dosen baru diangkat di perguruan tinggi agar mereka bisa mengenal apa itu Kekayaan Intelektual dan apa itu Paten.

“Jadi pada saat mereka melakukan aktivitas membuat penelitian tau yang akan mereka lakukan," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, pemateri Dr Ir Nanik Astuti Rahman ST MT mengatakan memiliki Kekayaan Intelektual yang di lakukan oleh akademisi menjadi salah satu pertimbangan dalam pemeringkatan dan dapat meningkatkan akreditasi prodi hingga perguruan tinggi.

"Karena sekarang ini produk produk luaran dalam bentuk Kekayaan Intelektual ini menjadi salah satu pertimbangan dalam pemeringkatan, kemudian untuk Kekayaan Intelektual itu juga bisa meningkatkan akreditasi apalagi sebagai akademisi", jelasnya.

Ia juga berharap mereka yang sudah mendapatkan urgensi luaran Kekayaan Intelektual bisa melanjutkan ke pembuatan deskripsi paten. (ata/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image