Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indah Wahyu Yuha

PENERAPAN DAN PERBEDAAN KODE ETIK PADA BANK SYARIAH

Info Terkini | Monday, 17 Oct 2022, 14:49 WIB

Semua lembaga baik lembaga swasta maupun lembaga pemerintah memiliki kode etik yang harus mereka taati, karena kode etik tersebut sudah disepakati oleh seluruh lembaga, baik yang telah dibuat oleh pemerintah yang tercantum dalam Undang-undang dan mereka yang berkewajiban untuk melaksanakannya.

Kode etik Bank BNI Syariah dan Bank BTN Syariah

Kode etik insan BNI Syariah merupakan norma, pedoman, dan aturan yang dimiliki oleh BNI Syariah yang menjadi landasan dalam berperilaku bagi setiap insan BNI Syariah. menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, secara kaffah dan istiqomah, menjalankan kegiatan usaha yang dapat memberikan kemaslahatan (maslahah) dan berlaku universal. melakukan pencatatan data dan penyusunan laporan BNI Syariah dengan baik dan benar.

Kode etik Bank BTN Syariah yaitu patuh dan taat pada ketentuan syariah serta perundang-undangan dan peraturan yang berlaku, melakukan pencatatan segala transaksi yang berhubungan dengan kegiatan Bank BTN secara benar sebagai wujud dari profesinalisme dan sikap amanah, (berlomba-lomba dalam kebaikan untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh stakeholder, tidak menyalahgunakan wewenangnya untuk kegiatan pribadi. perbandingan dan persamaan antara kode etik Bank BNI Syariah dengan Bank BTN Syariah ditinjau dari penerapannya.

Perbandingan Penerapan Etika Umum

1. Persamaan Antara Bank BNI Syariah dan BTN Syariah Pertama, pada penerapan etika profesi Etika yang diterapkan di BNI Syariah sudah sesuai dengan karakter karyawannya karena kode etik itu dibentuk untuk membentuk karakter karyawan itu sendiri, BNI Syariah sebagai perusahaan Syariah menginginkan karakter pegawai sesuai dengan Syariah, dimana sesuai Syariah itu yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits. Sama halnya dengan Bank BTN Syariah etika yang diterapkan di BTN Syariah sudah sesuai dengan karakter karyawannya karena karyawan di BTN Syariah rata-rata memiliki karakter agama yang kuat sehingga terjadi keselarasan antara pekerjaan dan kepribadian masing-masing.

Kedua, di Bank BNI Syariah yang sudah sesuai dengan prinsip syariah. Bank BTN Syariah penerapannya sudah sesuai dengan prinsip syariah, dimana prinsip-prinsip Syariah yang utamanya adalah berlaku jujur terhadap nasabah, dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dengan prinsip musyawarah.

2. Perbedaan Antara Bank BNI Syariah dan BTN Syariah

Pertama, pada pendapat responden mengenai kode etik, Bank BNI Syariah berpendapat bahwa Kode etik yaitu tentang standar etik disetiap profesi atau perusahaan termasuk di perbankan juga mempunyai kode etik. Oleh karena itu etika digunakan sebagai panduan atau acuan etika profesi itu sendiri untuk menjalankan profesi nya yang ditekuni. Sedangkan Bank BTN Syariah berpendapat bahwa Kode etik yaitu pedoman-pedoman terkait dengan cara melakukan pekerjaan, hak dan kewajiban pegawai, serta larangan-larangan pegawai yang ada dalam peraturan internal Bank.

Kedua, pada penerapan kode etik BNI Syariah di sebut dengan Kode Etik Insan BNI Syariah, yang merupakan norma, pedoman dan aturan yang dimiliki oleh BNI Syariah yang menjadi landasan dalam berperilaku bagi setiap Insan BNI Syariah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image