Cara Investasi Saham BRI untuk Pemula

Image
Rendi Saputra
Bisnis | Monday, 06 Dec 2021, 18:32 WIB

Apakah Anda ingin berinvestasi untuk masa yang akan datang? Saat ini sendiri, saham merupakan salah satu jenis investasi paling diminati. Salah satunya seperti investasi saham BRI. Akan tetapi, tidak semua orang memahami seperti apa cara investasi di bidang tersebut terutama bagi mereka para pemula.

Beberapa Cara Investasi Saham BRI

Perlu Anda ketahui, bahwa investasi saham di bank BRI sekarang ini semakin mudah dilakukan. Tidak heran jika dari waktu ke waktu kebanyakan orang mulai mencari tahu mengenai dunia investasi tersebut. Lantas, bagaimana cara melakukan investasi BRI? Simak beberapa langkahnya di bawah ini:

1. Buka Rekening

Apabila ingin mulai investasi saham, maka wajib bagi seseorang untuk membuat rekening efek terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui, rekening efek tersebut adalah rekening khusus untuk setiap nasabah yang ingin menabung dana saham. Termasuk saham dari bank BRI.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Lantas, apa tujuan membuka rekening saham tersebut? Tujuannya yakni untuk membagi dividen yang diperoleh dari perusahaan sehingga dikirimkan lewat rekening tersebut. Dengan begitu, seseorang dapat lebih mudah untuk melakukan investasi saham di bank BRI sesuai keinginan mereka.

2. Siapkan Dana

Selanjutnya, pastikan untuk menentukan nominal dana yang ingin digunakan berinvestasi. Oleh sebab itu, usahakan untuk menyiapkannya jauh-jauh hari. Agar nantinya dapat langsung melakukan proses investasi. Untuk nominal/jumlah dananya sendiri terbilang cukup beragam.

Hal yang paling penting adalah menghitung pengeluaran serta pemasukan kebutuhan per bulannya. Cara ini cukup efektif dilakukan demi menghindari penggunaan uang saham digunakan sehari-hari. Tidak ada salahnya juga untuk menyimpan dana secara khusus untuk investasi tersebut.

3. Tentukan Jenis Saham

Tidak banyak orang mengetahui, bahwa pada dasarnya ada beberapa jenis saham yang dapat Anda jadikan pilihan. Seperti preferred stock serta common stock. Dari situ, tentu kedua jenis saham tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dengan begitu, Anda sebagai seorang investor dapat memilihnya sesuai jenis tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kedua jenis sahamnya. Pasalnya, langkah tersebut dilakukan untuk mengecek apa saja kelebihan satu dengan lainnya sehingga dapat dijadikan pilihan.

4. Rutin Menabung

Seperti yang diketahui, investasi merupakan salah satu kegiatan paling diminati saat ini. Apabila ingin melakukan investasi saham bank BRI sendiri seseorang perlu rutin menabung. Setidaknya, usahakan untuk menyetorkan uang secara berkala setiap bulannya.

Dengan begitu, hasil investasi yang diperoleh pun bisa diperoleh dengan lebih maksimal. Dengan rutin menabung juga dapat menjadikan seseorang lebih mudah menyisihkan uang khusus investasi. Tentu saja, keperluan sehari-hari juga tidak akan tercampur dengan uang tersebut.

Beberapa Tips Membeli Saham BRI

Bagi seorang pemula, tentu perlu lebih banyak lagi untuk memahami seperti apa itu investasi saham. Terutama ketika Anda ingin membeli saham tersebut. Apabila ingin membeli saham BRI, maka ada baiknya menyimak beberapa tips selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Cari Informasi

Seorang investor saham tentu perlu mempelajari informasi lebih banyak mengenai kegiatan investasi tersebut. Untuk sumber pembelajaran utamanya sendiri dapat berupa situs resmi yang ada di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Terlebih, ada banyak informasi tentang perusahaan/emiten dari bursa tersebut.

Baca Juga: Cara Beli Saham BRI

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda mempelajarinya satu per satu mengenai saham tersebut. Seperti indeks saham, laporan keuangan perusahaan, kinerja IHSG, keterbukaan informasi, tren pasar saham, mekanisme perdagangan saham, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Ikut Komunitas Saham

Apabila ingin mendalami lebih lanjut mengenai pembelian saham, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengikuti komunitas atau seminar saham. Cara ini terbilang cukup efektif agar dapat memperoleh ilmu lebih banyak mengenai dunia investasi saham tersebut.

Keberadaan komunitas tentu akan menjadikan seseorang lebih giat dan rajin dalam mencari informasi mengenai saham secara bersama-sama. Tidak hanya itu saja, tidak ada salahnya apabila Anda mengikuti Sekolah Pasar Modal. Sekolah tersebut langsung diselenggarakan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia.

3. Melakukan Perhitungan

Hal yang tidak kalah penting untuk investasi saham tersebut adalah dengan melakukan perhitungan. Investasi saham ini sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarangan agar seseorang tidak mudah terbawa arus. Pasalnya, jika hal tersebut dilakukan tentu saja dapat merugikan diri sendiri.

Ada baiknya juga bagi Anda untuk membeli saham yang paling dikenali pemiliknya. Pastikan juga saham tersebut mempunyai kredibilitas dan rekam jejak dengan baik. Adapun hal paling penting adalah mengenai prospek, valuasi, serta proyeksinya dalam waktu ke depan.

4. Pahami Resiko

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa pada dasarnya, kegiatan investasi saham juga cukup beresiko. Hal ini berarti keuntungan tinggi saham tersebut akan sepadan dengan resiko tinggi. Pertimbangkan resiko tersebut dengan baik agar uang dapat diinvestasikan pada saham dan tidak merugi.

Baca Juga: Daftar Saham Blue Chip

Selain itu, pastikan juga Anda memikirkan mengenai harga turun atau naiknya saham tersebut. Dengan begitu, ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli/menjual saham. Cara ini perlu dipertimbangkan dengan baik agar tidak mengalami kerugian.

5. Manfaatkan Dana Lainnya

Terakhir, usahakan untuk menghindari kerugian pada waktu mendatang ketika investasi saham. Contohnya saja apabila apabila mempunyai dana menganggur di rekening. Apabila dana darurat sudah terpenuhi dengan baik, maka tentu tidak ada salahnya memakai dana tersebut untuk aktivitas investasi.

Selain itu, usahakan untuk tidak melakukan pinjaman, termasuk pinjaman online. Pasalnya, hutang tersebut tentu akan memiliki uang pokok dan bunga yang perlu dibayarkan secara rutin. Sementara investasi saham dapat memberikan keuntungan tersendiri.

Itu dia beberapa cara investasi saham BRI. Saat ini sendiri investasi dapat dilakukan dengan cukup mudah oleh siapa saja. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tentu investasi tersebut dapat dilakukan dengan efektif. Untuk itu, usahakan untuk memahami lebih lanjut mengenai beberapa tips membeli saham di atas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blogger Indonesia

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

IJARAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Image

Puisi Tenaga Kesehatan Karya Asep Perdiansyah

Image

Lampard Siap Latih Everton dan Alasan Rooney Menolak Tawaran Everton

Image

10+ Gaya Arsitektur Rumah Terfavorit dan Sejarahnya

Image

Bagaimana Simulasi Kredit Tunaiku dan Biaya yang Dikenakan?

Image

Cara Dapat Sertifikat Vaksinasi Standar WHO untuk Perjalanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image