Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Laily Fauziyah

REAKSI PERUSAHAAN TERHADAP KELUHAN KONSUMEN

Bisnis | Monday, 10 Oct 2022, 23:43 WIB
Sesuatu yang agak mengherankan adalah ditemukan bahwa beberapa perusahaan tidak melakukan usaha sistematis untuk menyelidiki luasnya kepuasan / ketidakpuasan dengan produk atau jasa yang dikonsumsi konsumen.Bayangkan seberapa puaskah konsumen dengan produk yang mereka gunakan.Beberapa pendekaan sangat mungkin diterapkan dalam situasi ini.Pertama, perusahaan dapat menolak keterlibatan (yaitu, kami tidak melakukannya). Kedua, perusahaan dapat menghindari kesalahan dengan menimpakannya kepada orang lain.Ketiga, perusahaan dapat memberikan penjelasan atas peristiwa dan mengidentifikasi keadaan yang terjadi. strategis sehingga mereka dengan akurat dapat menjelaskan penyebab dan hasil dari peristiwa negatif yang menyebabkan keluhan. Permintaan maaf yang diajukan perusahaan merupakan sumber informasi yang penting bagi para konsumen ketika mereka memutuskan tindakan mana yang akan diambil untuk mengoreksi kesalahan yang sudah terjadi. Tentu saja, para konsumen tidak selalu benar dan perusahaan tidak selalu salah, sehingga kadang-kadang penjelasan yang sopan dapat menjernihkan kesalahpahaman.Berikut macam keluhan pelanggan dan mengatasinya.1. Keluhan sebagai Indikator Perbaikan Rasanya Anda perlu mempersiapkan diri lebih baik untuk menerima keluhan pelanggan. Sebab dengan mendapatkan keluhan dari pelanggan artinya Anda mendapatkan perhatian dari mereka.

2. Menangani Keluhan dengan Tepat WaktuUntuk menyiasati potensi buruk di atas, Anda perlu mendengarkan keluhan pelanggan Anda. Karena berdasarkan hasil riset pasar, pelanggan yang melakukan keluhan dan berhasil ditangani dengan baik, kemungkinan untuk tetap menggunakan produk maupun jasa dan memesannya lagi.

3. Pastikan Keluhan Pelanggan Ditangani oleh Orang yang Tepat

Dalam menangani keluhan pelanggan terkait produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan, Anda perlu menempatkan pegawai yang tepat.

4. Cekatan dalam Menangani Keluhan di Media SosialSementara untuk keluhan yang perusahaan Anda dapatkan dari media sosial yang digunakan sebagai sarana promosi dan pemasaran, Anda juga harus sigap dalam memberikan klarifikasi kepada pelanggan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image