Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indra Margana

Permasalahan Pernikahan Semakin Ramai, Kementerian Agama Kota Bandung Adakan Pembinaan Pernikahan

Eduaksi | Sunday, 09 Oct 2022, 06:54 WIB

Bandung, Kementerian Agama Kota Bandung mengadakan kegiatan pembinaan pernikahan. Kamis (6/10/22). Kegiatan ini ditujukan untuk pasangan yang hendak menikah ataupun yang sudah menikah, khususnya yang berdomisili di Bandung. Kegiatan resmi dari Kementerian Agama Kota Bandung ini ditujukan untuk mengatasi permasalahan pernikahan yang saat ini semakin meningkat, sehingga diharapkan dapat menghindari perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan dan permasalahan pernikahan lainnya.

Kementerian Agama Kota Bandung menurut Dede Kosasih, salah seorang penghulu di KUA Buah Batu, cukup cepat menanggapi permasalahan pernikahan yang kian ramai belakangan ini, apalagi banyaknya berita seperti perceraian, perselingkuhan maupun kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi kepada publik figur, selebriti maupun pejabat pemerintah menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat akan dijadikan contoh bagi para pemuda yang berstatus lajang untuk tidak segera melangsungkan pernikahan. Dalam kegiatan pembinaan pernikahan dijelaskan berbagai macam permasalahan dalam pernikahan terutama dalam masalah fikih.

”Materi bimbingan perkawinan tersebut ialah pertama tentang Bab Muamalah khususnya tentang perkawinan, kedua menjelaskan tentang hak dan kewajiban kedua mempelai, dan yang ketiga keluarga Sakinah, lalu keempat masalah kesehatan, kesehatan keluarga, lalu kelima tentang keluarga Bahagia, tipsnya,” ujar Dede Kosasih.

Dede Kosasih menambahkan, materi dalam setiap temanya tersebut diisi dengan pembicara yang kompeten dalam bidangnya. Salah seorang pembicara dari Kementerian Agama Kota Bandung secara langsung diisi oleh Drs. H. Teddy Ahmad Junaedi, M. Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung.

Setelah mendapatkan pembinaan, Kementerian Agama Kota Bandung dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Bandung memberikan panduan kepada setiap pasangan. Panduan tersebut berupa pembagian buku Fondasi Keluarga Sakinah yang telah dirumuskan dan disusun oleh pemerintah dengan tujuan supaya dapat mendampingi setiap pasangan ketika mengarungi bahtera rumah tangga.

“Mencegah kekerasan dalam rumah tangga, menjauhi perceraian maupun perselingkuhan serta menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah dengan didasari niat yang ikhlas karena Allah swt dalam menjalani bahtera rumah tangga merupakan harapan dari kegiatan pembinaan pernikahan melalui program Kementerian Agama Kota Bandung tersebut dilaksanakan,” ujar Dede Kosasih.

Kegiatan pembinaan pernikahan akan kembali dilaksanakan pada tanggal 13-14 November 2022, jam 08:00-12:00 WIB yang akan datang di Kantor Urusan Agama (KUA) Buah Batu.

Indra Margana

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image