Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Intan Oktavia Sari

Kurikulum merdeka, sebuah kebebasan dalam pendidikan

Edukasi | Friday, 07 Oct 2022, 20:59 WIB
sumber : https://globalprestasi.sch.id/gpsblog/5-kiat-mengantarkan-kesuksesan-anak-sekolah-dasar/

Seperti yang kita ketahui, Pendidikan di Indonesia telah mengalami pembaharuan-pembaharuan, pembaharuan ini dikarenakan salah satunya yaitu dampak dari pandemi Covid-19 yang telah ada di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Pembaharuan-pembaharuan tersebut dilakukan agar tetap tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Bukti bentuk pembaharuan pendidikan di Indonesia yaitu adanya pergantian Kurikulum 1947 hingga Kurikulum merdeka, meskipun saat ini masih tahap uji coba sejak 2021 tahun lalu, sebelum nantinya akan dilakukan perubahan kurikulum secara nasional di tahun 2024. Akan tetapi sudah banyak sekolah-sekolah yag sudah menerapkan kurikulum merdeka ini

Sebelum adanya kurikulum merdeka tentu kita sudah mengetahui bahwa yang sebelumnya yaitu Kurikulum 2013, kurikulum ini termasuk langkah lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Sedangkan pembelajaran Kurikulum merdeka berpusat pada kepentingan peserta didik, Artinya guru bertindak sebagai fasilitator yang mendampingi dan mengarahkan proses pembelajaran dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam belajar.

kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kurikulum merdeka untuk jenjang SMA. sebelum kita mengetahui apa itu kurikulum merdeka terlebih dahulu kita bahas apa itu kurikulum dan apa itu merdeka belajar. Menurut yoru.co.id Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan. Sedangkan Merdeka Belajar adalah upaya memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, guru dibebaskan untuk memilih perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu peserta didik juga diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang mereka sukai

Dalam kurikulum merdeka ini peserta didik tidak mendapat tuntutan yang komplek mereka bisa belajar sesuai denga apa yang mereka inginkan. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini, tidak ada penjurusan di jenjang SMA. Siswa akan memilih mata pelajaran kelompok pilihan di kelas XI dan XII sesuai minat dan bakatnya dengan panduan guru Bimbingan Konseling. Di Kelas X, juga akan diterapkan uni inkuiri. Unit inkuiri adalah kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengindentifikasi dan memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar, dari sudut pandang berbagai mata pelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA dan IPS dengan menggunakan metode inkuiri.

Salah satu model pembelajaran yang terjadi dikurkulum merdeka yaitu Pembelajaran Berbasis Project ini merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa melakukan riset maupun kegiatan-kegiatan untuk memecahkan suatu masalah yang kemudian menghasilkan suatu produk sebagai solusi. Model pembelajaran ini dapat memberikan siswa pengalaman dan kesan yang nyata dalam mendalami pembelajaran yang mereka minati dan tekuni. Siswa dituntut melakukan investigasi-investigasi guna memecahkan masalah serta merencanakan proyek sebagai bentuk ikhtiar pemecahan masalah tersebut. Dari kegiatan-kegiatan tersebut siswa akan menemukan makna-makna dan memperoleh pembelajaran yang mendalam. Ada tiga poin karakteristik pembelajaran berbasis project, pertama adalah “Real-world problem“, kedua “Student choice Project“, dan ketiga “Project Goal“. Disinilah siswa-siswa akan mengembangkan soft skill dan karakter yang dimilikinya sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Nah setelah beberapa penjelasan tentang kurikulum merdeka diatas tentu kita akan mengetahui seberapa efekitif nya jika semua sekolah bisa menerapkan kurikulum merdeka belajar ini. Dengan adanya kurikulum merdeka ini akan bisa lebih mempermudah guru dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran.

REFERENSI

https://www.yoru.my.id/2022/02/pengertian-kurikulum-merdeka-dan- keunggulannya.html

https://www.gorajuara.com/edukasi/pr-1003067316/kurikulum-merdeka-belajar- berpusat-pada-kepentingan-peserta-didik?page=2

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-tiga-keunggulan-kurikulum-merdeka/

https://www.kompasiana.com/srikandi12566/62bd588d3991aa3f2204c882/mengapa-kurikulum-merdeka-belajar-dinilai-lebih-efektif-dan-interaktif#:~:text=Selain%20keunggulan%20beberapa%20diatas%20kurikulum,juga%20untuk%20anak%20anak%20difabel.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image