Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Ciptakan Generasi Unggul, SMPN 2 Parongpong Gelar Pelantikan Pramuka

Sekolah | Thursday, 06 Oct 2022, 20:51 WIB
Ilustrasi pelantikan anggota Pramuka di SMPN 2 Parongpong. dok. pribadi.

Bandung Barat- Pelantikan anggota Pramuka perlu diselenggarakan sebagai salah satu menyelesaikan tugas dan kewajiban, dan untuk memenuhi syarat kecakapan umum (SKU), serta syarat kecakapan khusus (SKK). Seorang anggota Pramuka akan mendapat pengakuan dan pengesahan dari lingkungannya.

Hal di atas disampaikan Kepala SMPN 2 Parongpong, Yeti Resmiati, saat melantik 165 penggalang ramu di hadapan 20 pembina Pramuka. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan manusia yang berpedoman pada Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin sekolah yang menguji mental, terutama kesabaran dan keuletan anggota Pramuka. Pihaknya, masih menurut Yeti, mengucapkan terima kasih kepada para pembina yang telah menjadikan program tersebut berlangsung aman, tertib, dan kondusif, sesuai dengan yang direncanakan.

"Terima kasih kepada kakak-kakak pembina yang telah melaksanakan acara pelantikan dengan aman, tertib, dan kondusif. Kami berharap agar semua yang telah dilantik memiliki mental yang baik. Terutama, kesabaran, dan keuletan yang nantinya sangat berguna ketika berada di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Asep Kurnia, selaku pembina Pramuka, menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan Pramuka penggalang ramu ini dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut dilakukan agar para peserta tetap terjaga kesehatannya.

Kepala SMPN 2 Parongpong memberikan sambutan. dok. pribadi.

Lebih jauh disampaikan Asep, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, mulai Jumat-Sabtu, diakhiri dengan acara perkemahan. Kegiatan tersebut juga diisi dengan pemberian materi kedisiplinan yang disampaikan Babinsa Desa Ciwaruga, Asep Komarudin.

Selanjutnya, kegiatan diteruskan dengan tausyiah oleh ustaz Hamzah Dio Murtadlo, dengan materi tujuan hidup. Dilanjutkan dengan materi adab dan etika oleh Hanna Maulida. Kemudian, pelatihan dasar sebagai penggalang, seperti tali-temali, sandi, baris-berbaris, panjat tebing, mengenal indra perasa, dan mengenal seni daerah, dilaksanakan pada malam hari.

Di sisi lain, setelah penyematan lencana dan dasi Pramuka, Kepala SMPN 2 Parongpong menyampaikan inti kegiatan pelantikan pada dasarnya diprioritaskan untuk kegiatan sosial.

Ditandaskan Yeti, penguatan mental dan jiwa sosial merupakan hal yang harus dimiliki seorang anggota Pramuka. Diharapkan, mereka akan memahami tentang pentingnya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

"Inti dari kegiatan pelantikan Pramuka penggalang ramu di SMPN 2 Parongpong ini pada dasarnya diprioritaskan dalam kegiatan sosial. Hal ini bertujuan untuk membentuk mental dan jiwa sosial pada tiap-tiap anggota pramuka," tandasnya. ***

Pewarata: Adhyatnika Geusan Ulun-Sumber Berita dan Foto: Dra. Hj. Yeti Resmiati, MM. (Kepala SMPN 2 Parongpong).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image