Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fery Adriansyah

Wajib tahu! Inilah beberapa ayat dan hadis tentang pentingnya investasi bagi umat muslim

Ekonomi Syariah | Tuesday, 04 Oct 2022, 16:03 WIB

Investasi atau Al Istismaar dalam Islam adalah upaya mengembangkan harta untuk mendapat tambahan harta dari kegiatan yang dilakukan. Maksud tujuan dari investasi adalah untuk mengembangkan usaha dan mendapat keuntungan serta mencari kelebihan nikmat dari Allah SWT sesuai dengan syariat Islam. Pentingnya dan diharuskannya investasi dalam ekonomi Islam didasarkan pada perintah Allah dalam Alquran surah al-hasyr ayat 18 yaitu

" Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah untuk hari esok atau akhirat dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Ayat tersebut menjelaskan bahwa manusia wajib memikirkan hari esok. Hari esok itu meliputi persiapan untuk menghadapi hari-hari berikutnya. Perlunya untuk memenuhi kebutuhan yaitu dengan cara berinvestasi sehingga mendapat hasil untuk memenuhi kebutuhannya. Tentu saja hasil tersebut juga bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Investasi juga dilakukan dengan menghindari hal hal yang dilarang dalam islam seperti penipuan, menjual barang haram, tidak jujur, serta melakukan praktik menimbum barang atau uang yang mengakibatkan kerugian di sektor ekonomi masyarakat.

Kemudian pada surah Lukman ayat 34 yaitu " Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari kiamat dan dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang di dalam rahim. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan dikerjakannya besok, dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh Allah Maha Mengetahui, Maha mengenal".

Secara tegas Allah menyatakan bahwa tidak seorang pun di alam semesta ini yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi di kemudian hari, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup atau yang lainnya. Sehingga dengan demikian manusia diperintahkan untuk berinvestasi sebagai bekal dunia dan akhirat. Investasi sebagai alat untuk mencari keuntungan juga harus dilakukan secara prinsip Islami.

Selain itu terdapat hadis anjuran rasulullah yang mengajarkan umat muslim untuk berinvestasi dalam Sabda Rasulullah yaitu " jika seorang muslim menanam pohon dan menghidupkan ladang dan ada burung atau orang atau binatang memakan daripadanya hal ini akan dihitung sebagai amal sedekah baginya".

Kemudian ada hadis kedua yang berbunyi " berikanlah kesempatan bagi mereka yang memiliki tanah untuk memanfaatkannya dengan caranya sendiri dan jika tidak dilakukannya hendaklah diberikan pula orang lain agar memanfaatkannya". Hadits Riwayat Muslim.

Dalam hadis tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah tidak menghendaki sumber daya atau lahan tersebut harus dikelola atau sebagai sarana kegiatan dalam berinvestasi. Hal tersebut dianjurkan Supaya umat muslim menggarap lahan yang kosong sebagai modal dalam mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.

Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan investasi penting dilakukan untuk persiapan menghadapi hari esok terutama dalam kegiatan perekonomian. Oleh karena itu, umat muslim harus mempersiapkan diri sebaik mungkin serta menjalankan investasi sesuai dengan syariat Islam, antara lain menghindari kegiatan yang haram, penipuan serta menimbun barang yang dapat menurunkan tingkat perekonomian di masyarakat.

Penulis

Fery Adriansyah

Prodi ekonomi islam, Universitas negeri Jambi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image