Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Sriyanto : Dunia Penerbitan di Muhammadiyah Miliki Potensi Besar

Edukasi | Monday, 03 Oct 2022, 14:23 WIB
Sriyanto : Dunia Penerbitan di Muhammadiyah Miliki Potensi Besar

Wakil Ketua Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPTIMA) sekaligus dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah Dr. Sriyanto mengatakan dunia penulisan dan penerbitan di Muhammadiyah dan ‘Aisiyah memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang, apalagi jika dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan PT dapat difasilitasi dalam satu wadah dalam pengembangannya.

Hal itu diungkapkan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) APPTIMA, Jumat-Sabtu (23–24/9/2022) di Yogyakarta lalu.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain Munas juga diselenggarakan Seminar Nasional bertajuk ‘Membangun dan Mengembangkan Insa Literasi menuju Indonesia Berkeadaban dan Berkemajuan’ dengan narasumber Prof. Dr. Muhadjir Effendi.

“Pada acara Munas kemarin juga diluncurkan (soft launching) satu aplikasi untuk memfasilitasi perkembangan penerbitan dan perbukuan di Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah bernama BukuMu,” katanya, Senin (3/10/2022) di Purwokerto.

Menurutnya, hadirnya aplikasi ini nanti dapat dijadikan sebagai wadah para penerbit Muhammadiyah dan ‘Aisiyah untuk mengembangkan penerbitan di kampus masing-masing PT (red. Perguruan Tinggi).

“Di Munas kemarin, APPTIMA juga mendapat wakaf satu hektar. Kedepan akan dikelola dan dikembangkan untuk School of Writing and Publishing sebagai Pusat Pelatihan dan Pendidikan penulisan dan penerbitan bagi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah,” jelasnya.

Munas ditutup dengan pemilihan pengurus APPTIMA baru periode 2022–2025. Terpilih sebagai ketua yakni Budi Nugroho dan Hatib Rahmawan sebagai Sekretaris Umum.(sri/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image