Pengertian dan Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Image
Ruqyah Kuningan
Bisnis | Monday, 03 Oct 2022, 13:31 WIB

Jika dulu sebuah brand atau perusahaan memasarkan produknya secara offline, Namun kini semuanya bisa dilakukan secara online. Maka tidak heran jika banyak orang yang mulai mencari tahu cara belajar digital marketing. Apa yang dimaksud digital marketing tersebut? Untuk pembahasan lebih lanjutnya simak artikel di bawah ini.

Pengertian Digital Marketing

Dalam bahasa Indonesia, pengertian digital marketing adalah pemasaran digital. Dengan strategi ini, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk melalui berbagai jenis media digital. Pernahkah Anda melihat iklan saat mengunjungi situs web? Atau melihat iklan di TV?

Atau bahkan menerima telepon dari departemen penjualan sebuah perusahaan? Ya, inilah yang disebut dengan digital marketing. Selain itu, menurut para ahli, digital marketing adalah penggunaan teknologi dan perangkat digital yang didukung oleh koneksi internet untuk mencapai target pemasaran.

Jadi, pengertian digital marketing bisa disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Saat ini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Pengguna internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia juga mendorong pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya.

Dari sini, Anda pasti sudah mempunyaui gambaran mengapa strategi digital marketing saat ini sangat efektif. Nah berikut ini akan kami bahas lebih lanjut mengenai cara belajar digital marketing untuk pemula.

Bagaimana Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula?

1. Tentukan target pasar dan pilihan produk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih target pasar Anda atau siapa yang akan menjadi pelanggan Anda terlebih dulu. Setelah mengetahui dan mengenali target pasar yang tepat, selanjutnya pelajari apakah produk yang akan Anda buat bisa menjadi solusi bagi mereka.

2. Pilih produk yang merupakan solusi terbaik

Langkah kedua dalam belajar digital marketing untuk pemula adalah memilih produk yang ingin Anda tawarkan. Anda harus memikirkan apakah produk Anda adalah yang terbaik dan menjadi solusi. Jadi, pastikan bahwa produk yang akan Anda perkenalkan bisa menjawab permasalahan calon pelanggan.

3. Bangun situs web

Buat situs web setelah Anda menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang merupakan pilihan tepat untuk bisnis. Namun situs itu masih bukan milik Anda. Jadi, Anda harus membangun situs web Anda sendiri.

4. Membangun media sosial

Website sudah jadi, kini saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Tujuannya tak lain untuk membangun brand awareness dan alat promosi. Caranya, pilih media sosial yang tepat dengan target pasar Anda.

Anda bisa memilih antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih apa yang menurut Anda tepat untuk target pasar Anda.

5. Gunakan SEM, SEO, serta Iklan Media Sosial

Lalu terapkan SEM, SEO, dan Social Media Ads untuk meningkatkan jangkauan digital marketing. SEO digunakan untuk membuat bisnis Anda muncul di halaman pertama Google. SEM merupakan layanan berbayar agar bisnis Anda cepat dikenal. Iklan media sosial juga mempunyai fungsi yang sama dengan SEM.

6. Pemasaran Melalui Influencer yang Sesuai Dengan Merek

Selanjutnya, cara belajar digital marketing untu pemula coba adalah influencer marketing. Influencer adalah bentuk pemasaran media sosial yang menggunakan dukungan yang dibuat oleh satu atau lebih influencer.

Biasanya, influencer mempunyai branding sendiri agar pengikutnya menaruh kepercayaan pada mereka, misalnya olahraga, kecantikan, atau bahkan elektronik.

Jadi, jika ada produk yang direkomendasikan oleh seorang influencer, kemungkinan besar followersnya akan banyak yang membeli produk yang dipromosikan dan ada juga yang sudah mengetahui keberadaan brand tersebut.

7. Copywriting yang Menarik

Copywriting juga merupakan salah satu cara belajar digital marketing yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Copywriting sendiri merupakan teknik penulisan tulisan yang persuasif dan menarik agar masyarakat membeli produk yang ditawarkan. Contoh penerapan copywriting terdapat pada caption singkat yang terdapat di media sosial Instagram.

8. WhatsApp untuk Bisnis

WhatsApp mempunyai basis pengguna yang besar di Indonesia. Anda bisa menggunakan ini sebagai cara efektif untuk belajar marketing digital . Gunakan Whatsapp for Business untuk akun bisnis yang Anda jalani.

Pasalnya, aplikasi khusus ini mempunyai banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga fitur statistik pesan. WhatsApp for Business juga bisa membantu Anda membalas pesan dari calon pembeli melalui fitur perpesanan otomatis.

9. Newsletter atau Pemasaran Email

Email marketing merupakan teknologi yang memanfaatkan layanan email untuk kegiatan promosi kepada konsumen. Metode pembelajaran digital marketing ini terbukti lebih efektif karena email yang masuk sesuai dengan selera produk atau jasa yang dijual. Selain itu, penargetan ulang konsumen akan lebih mudah dilakukan dengan database email pelanggan.

10. Marketing Tools untuk Menggali Data

Di era bisnis digital, data driven marketing menjadi salah satu pendukung keberhasilan strategi digital marketing yang banyak diterapkan oleh perusahaan. Melalui pemasaran berbasis data, metode ini terbukti mampu memaksimalkan Return on Investment (ROI).

Lebih khusus lagi, pemasaran berbasis data bisa membantu mengurangi pemborosan, meningkatkan alokasi sumber daya, dan memaksimalkan upaya pemasaran. Ada beberapa metode yang digunakan dalam pemasaran berbasis data, seperti pemasaran berbasis orang, kecerdasan buatan, analisis prediktif, dan sebagainya.

Selain itu, ada alat wajib yang dapat digunakan pemasar untuk mendukung berbasis data, seperti Google Analytics atau Hootsuite.

11. Video Marketing

Jika Anda penasaran dengan strategi digital marketing apa yang paling mudah dinikmati bahkan oleh audiens tersibuk di dunia, mungkin video marketing adalah jawabannya. Video marketing menggunakan video sebagai media utamanya.

Jadi, orang hanya perlu menonton tanpa harus banyak berpikir atau mengambil kacamata untuk membaca teks di seluruh artikel. Platform yang bisa Anda gunakan sebagai cara belajar digital marketing juga cukup luas, mulai dari YouTube, Instagram, hingga memposting video di website.

12. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui penciptaan dan distribusi konten yang relevan dan bermanfaat untuk menarik perhatian konsumen sasaran sekaligus melibatkan mereka dan menjadi pelanggan sebuah bisnis.

Dibutuhkan banyak konten berkualitas agar strategi ini berdampak positif pada bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda tetap konsisten dalam membuat konten yang berharga untuk target konsumen dan pelanggan Anda. Dalam pemasaran konten, Anda juga perlu memperhatikan elemen konversi.Digital marketing merupakan istilah pemasaran jenis baru yang masih asing bagi orang awam pada umumnya, namun sebenarnya cara pemasaran baru ini sudah Anda lihat sejak 10 tahun terakhir.

Meskipun model pemasaran ini relatif baru, ini adalah jenis pemasaran yang progresif dan akan terus berkembang dengan banyak kemungkinan. Oleh karena itu, pelajari baik-baik panduan tentang cara belajar marketing digital ini dengan cermat.

Semoga penjelasan tentang cara belajar digital marketing untuk pemula diatas dapat membantu anda mengembangkan bisnis anda lebih baik lagi. Mari belajar digital marketing meski dimulai dari cara yang sederhana.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Informasi Tempat Ruqyah di Kuningan Telp: 083120122062 Dedi Natadiningrat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ikuti Wisuda Full-Luring, Inilah Pelbagai Wejangan Nasihat bagi Wisudawan UM Metro Tahun 2022

Image

HUT KORPRI Ke-51 di Lapas Pagar Alam

Image

UMPR Resmi Yudisium 653 Mahasiswa

Image

Beriman Kepada Hari Kebangkitan (Yaumul Bats)

Image

Mushola dan Air Bersih untuk Pengungsi Cianjur

Image

Rekomendasi Restoran Ikan Bakar di Kota Malang, Telap88

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image