Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Kelas I Batu Nusakambangan

Peringati Kekejaman Dalam Peristiwa G30S PKI Lapas Batu Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Sejarah | Friday, 30 Sep 2022, 11:35 WIB
Bendera setengah tiang berkibar di depan Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Foto : Humas Lapas Batu

Nusakambangan - Bendera setengah tiang berkibar di depan Lapas Kelas I Batu Nusakambangan. Pengibaran bendera setengah tiang itu dalam rangka peringatan peristiwa Gerakan 30 September 1965. Jumat (30/09/2022)

Instruksi pengibaran bendera setengah tiang tertuang dalam Surat Edaran resmi Mendikbudristek (SE) Nomor 019/347/5.5/2021 tertanggal 29 September, tentang penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021. Masyarakat dianjurkan untuk mengibarkan bendera setengah tiang dan mendengarkan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) melalui berbagai kanal media massa.

Tanggal 30 September diperingati sebagai peristiwa Gerakan Partai Komunis Indonesia, yang menjadi salah satu sejarah yang begitu melekat di benak masyarakat Indonesia. Peristiwa pemberontakan oleh PKI pada tanggal 30 September 1965 tersebut menewaskan 7 perwira militer TNI AD. Ke 7 perwira militer TNI AD tersebut namanya di abadikan dalam Monumen Pancasila Sakti yang berlokasi di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Pengibaran bendera setengah tiang sebagai perwujudan duka dan komitmen perjuangan petugas Lapas Batu meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam peristiwa G30S PKI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image